• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

Keberhasilan Banyuwangi Akan ditarik di Jatim, Bupati Banyuwangi Akan dijadikan Penasehat Gus Ipul

January 28, 2018

 

Sby,MercuryFM - Keberhasilan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dalam melakukan pembangunan di Banyuwangi yang cukup berhasil, akan di jadikan contoh untuk pembangunan Jatim kedepan.

 

Calon Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf (Gus Ipul), kembali menegaskan rencananya untuk memperluas sebagian program yang sukses dijalankan di Kabupaten Banyuwangi ke level Provinsi Jawa Timur. 

 

 

"Kita tahu, Bupati Banyuwangi Mas Azwar Anas punya banyak prestasi. Terukur, konkrit. Misal, penurunan kemiskinan, lalu peningkatan dua kali lipat lebih untuk pendapatan per kapita rakyat, juga inovasi-inovasi pelayanan publiknya. Keberhasilan program di sini, bisa diperluas di Jatim, tentu dengan beberapa improvisasi," kata Gus Ipul, Minggu (28/1/2018), di hadapan ribuan peserta Halaqoh Kebangsaan di Pondok Pesantren Ibnu Sina, Banyuwangi.

 

Dicontohkan oleh Gus Ipul, dulu tahun 2010, saat membuka penerbangan perdana, Bandara Banyuwangi hanya mampu melayani pesawat kecil. Per tahun, penumpangnya diperkirakan 7.000. 

 

“Sekarang, mengakhiri 2017, jumlah penumpangnya melesat 1.400 persen. Tahun 2018, target penumpang 250.000 orang. Pesawat berbadan lebar bisa masuk. Ada direct flight dari Jakarta, dan terminal bandaranya paling eksotis se-Indonesia,” katanya.

 

Selain itu kata Gus Ipul, kisah sukses Bupati Anas lainnya adalah soal pengembangan perdesaan lewat program “Smart Kampung”.

 

"Dalam hal urusan menyelesaikan masyarakat, Bupati Anas mampu memaksimalkan modal sosial sehingga dapat menunjang kemajuan di banyak sektor kehidupan. Pokoknya banyaklah yang bisa diambil di sini untuk jatim kedepan," jelasnya. 

 

Dengan kondisi semacam itu lanjut Gus Ipul, pihaknya ia meminta Bupati Abdullah Azwar Anas nantinya untuk mau duduk sebagai penasihat untuk program-program yang berhasil di Banyuwangi guna dikembangkan di jatim mendatang.

 

"Bupati Banyuwagi, Pak Abdullah Azwar Anas ini adalah Bupati paling sukses se Indonesia. Saya ingin belajar. Banyak capaian prestasi selama beliau memimpin Banyuwangi. Sayang bila potensi ini tidak diambil untuk jatim agar lebih baik lagi kedepan," pungkasnya.

 

Sementara itu Bupati Banyuwangi Azwar Anas mengatakan, yang terpenting adalah modal sosial. Modal sosial yang terbangun di Banyuwangi, menjadi faktor paling menentukan dalam pengembangan semua sektor kehidupan di Banyuwangi. 

 

"Untuk membangun modal sosial, Pemkab Banyuwangi suka rela mengeluarkan miliran rupiah untuk tertatanya kehidupan sosial yang tetap harmonis," ujarnya

 

 

Karena modal sosial sudah tercipta, lanjut Azwar Anas, maka pemerintah tinggal membangkitkan semangat para kepala desa untuk ambil bagian dalam proses ini. 

 

"Semangat para kepala desa ini yang memperlancar nyaris semua program di Banyuwangi. Padahal tidak semua mereka paham IT," jelas Bupati dua periode ini.

 

Untuk memudahkan proses transformasi ini, ujar Azwar, maka setiap desa bisa membayar praktisi IT. Mereka, lanjutnya, bisa berasal dari sekolah-sekolah yang ada di lingkungan Banyuwangi. 

 

"Kades yang tak paham IT bisa membayar tanaga IT. Kita beri honor. Sekarang 130 lebih desa sudah terhubung lewat serat optik ini," tambah Azwar Anas. (ari)

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive