• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

EKONOMI JATIM 2017 TUMBUH 5,45%

February 5, 2018

Sby, MercuryFM -  Perekonomian Jatim secara komulatif di Tahun 2017 tumbuh signifikan sebesar 5,45% atau senilai Rp 2.019,2 triliun dibanding tahun 2016.

 

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jatim Teguh Pramono mengatakan, kalau dibandingkan tahun 2015 ke tahun 2016 pertumbuhan itu lebih rendah, karena diperiode tahun tersebut pertumbuhan ekonomi sebesar 5,55%.Salah satu penyebab turunnya pertumbuhan ekonomi Jatim di tahun 2017, salah satunya karena kontraksi disektor pertanian.

 

"Sektor pertumbuhan pertanian yang melambat, tapi ini selalu terjadi di triwulan keempat tiap tahun, sehingga disektor pertanian ada kontraksi dikisaran 2%,"  kata Teguh Pramono di Surabaya, Senin (5/2/2018).

 

.Tapi beberapa sektor utama yang selama ini menopang struktur perekonomian Jatim tidak banyak mengalami defisit pertumbuhan."Sektor utama struktur ekonomi kita yang paling dominan adalah industri, perdagangan, pertanian, kontruksi, dan penyedia akomodasi" lanjut Teguh.

 

Sementara itu sektor yang pertumbuhannya paling baik disepanjang triwulan keempat tahun 2017, adalah penyediaan akomodasi dan makan minum."Disektor ini tumbuh sampai 9,03%, sehingga bisa menjadi pemicu pertumbuhan ekonomi yang bagus" ujar Teguh. Pertumbuhan sektor akomodasi dan makan minum dipicu semakin bertambahnya hotel berbintang dari hanya 2235 unit menjadi 2653 unit.

 

"Dengan pertumbuhan itu, artinya bisnis hotel dan restaurant sekarang ini semakin menjanjikan". Pungkas Teguh Pramono.(alam)

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us