• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

PUTI WARISI DARAH SENI BUNG KARNO

February 9, 2018

Sby, MercuryFM -  Calon Wakil Gubernur Jatim Puti Guntur Sukarno menyempatkan diri mendatangi pameran lukisan karya Cak Jupri di Gedung Dewan Kesenian Surabaya (DKS) di kompleks balai Pemuda pada Kamis 8/02/2018.

 

Kedatangan Puti diikuti oleh sejumlah petinggi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, diantaranya Wakil Sekjend DPP PDIP Perjuangan Ahmad Basarah sekaligus koordinator Tim Pemenangangan Gus Ipul-Puti, Sekretaris DPD PDIP Jatim Sri Untari, dan Ketua Bappilu DPC PDIP Surabaya Adi Sutarwijono.

 

Dalam kesempatan itu Puti memborong 4 lukisan karya Cak Jupri yang bergambar dirinya, lalu Megawati Sukarno Putri, Bung Karno dan Jokowi yang nilainya sekitar Rp 4,3 Milyard.Didepan para pegiat seni DKS, Puti mengatakan banyak orang yang lupa kalau Bung Karno adalah seniman besar, selain proklamator dan seorang negarawan.

 

"Dari cerita bapak saya (Guntur Sukarno) Bung Karno memberikan ruang besar bagi seniman-seniman dan para budayawan untuk bisa maju. kerap berdiskusi dengan para seniman, Budayawan" ujar Puti.

 

Bung Karno juga kerap menyempatkan diri duduk bersama dengan para budayawan dan seniman untuk berdiskusi apa yang bisa dilakukan dan bisa dibangun dalam politik berkebudayaan. Dalam beberapa literatur juga menyebutkan kalau Bung Karno sangat suka dengan seni lukis dan drama. Banyak koleksi lukisan Bung Karno terutama karya Basuki Abdullah.

 

Saat diasingkan di Ende oleh pemerintah kolonial, Bung Karno membuat drama yang melibatkan masyarakat setempat."Saya dari dulu senang melukis tapi belum ada kesempatan untuk lebih serius. Kalau melukis biasanya saat di mobil bikin sketsa, yaaa..kapan-kapan kita bikin pameran barenglah kalau saya jadi Wakil Gubernur nanti" kata Puti yang disambut tawa senang dari para pegiat seni.

 

Putri pertama Guntur Sukarno Putra itu juga punya keinginan menjadikan Jawa Timur sebagai pusat kebudayaan nasional, karena begitu kayanya kebudayan di jawa Timur."Saya berharap di Surabaya punya gedung pusat kesenian, karena selama ini belum. Dijakartapun juga belum ada. Kalau di Sidney kan ada opera house. Tapi di Surabaya nantinya bisa melebihi opera house di Sidney karena akan menjadi pusat kebudayaan" kata Puti.(alam)

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload