DISKUSI DENGAN MASYARAKAT LERENG GUNUNG, PUTI MENGINAP DIRUMAH WARGA

February 10, 2018

 

Sby,MercuryFM - Serap aspirasi dan dialog langsung dengan warga, bakal calon wakil Gubernur Jatim pendamping Gus Ipul, Puti Guntur Soekarno memilih menginap dirumah warga.

 

Ini tampak dengan langkah yang dilakukan Puti di Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri semalam, Jumat (10/02/2018). Dirumah salah satu warga bernama Muchtar (50) dan Efendi (65).

 

 

Dalam kedatangannya, secara spontan, warga yang antusias menyambut Puti pun mengajak cucu Bung Karno itu diskusi soal pengembangan pariwisata di kawasan Gunung Kelud yang berada di antara Kediri dan Blitar. Desa Sugih Waras adalah desa terakhir di kaki Gunung Kelud dari sisi Kediri.

 

Dalam diskusi yang berlangsung gayeng, Puti Soekarno mengatakan, pariwisata menjadi salah satu fokus program dirinya bersama calon Gubernur Saifullah Yusuf (Gus Ipul). 

 

“Kita berkeyakinan pariwisata menjadi jalan menyejahterakan masyarakat. Tapi ada syaratnya. Apa itu? Pariwisata yang dikembangkan harus berbasis masyarakat, society based tourism,” ujarnya.

 

Pariwisata berbasis masyarakat, sambung Puti, menjadikan rakyat sebagai subyek pengembangan pariwisata. Semua program dijalankan semata-mata untuk masyarakat.

 

“Kelompok warga diberdayakan sehingga bisa mengelola potensi destinasi di sekitarnya menjadi lebih baik, dengan kemasan atraksi wisata keren yang diminati wisatawan sehingga memberi pemasukan ke warga. Rakyat diberdayakan, dilatih kelola homestay, dilatih bahasa asing, dilatih usaha kuliner, dan sebagainya,” jelasnya.

 

Puti mengatakan, ada program yang sudah disiapkan untuk pengembangan pariwisata berbasis masyarakat di Jatim. Program ini melibatkan penggerak kelompok sadar wisata (pokdarwis), akademisi, dan berbagai elemen lainnya untuk melahirkan desa-desa wisata unggulan.

 

“Intinya kita bikin terintegrasi, termasuk infrastruktur kita benahi total. Ada target di pemerintahan Gus Ipul dan Puti ke depan bahwa konsep ini akan membuka lapangan kerja bagi ratusan ribu warga di sekitar destinasi. Kita optimistis karena Jatim kaya destinasi wisata alam, budaya, dan wisata buatan yang keren,” ujar Puti.

 

Pihaknya juga lanjut Puti,  menyiapkan pengelolaan wisata berkonsep digital.

 

“Jadi dalam konsep society based tourism itu, salah satu contohnya, kita hubungkan homestay-homestay rakyat ke marketplace akomodasi wisata kelas dunia, jadi turis dengan mudah mengaksesnya, karena kita punya target mendatangkan 1 juta turis asing dalam dua tahun,” papar Puti.

 

Sementara itu, Kepala Desa Sugih Waras, Sukemi, menyampaikan pentingnya pengembangan infrastruktur pariwisata di daerahnya agar tingkat kunjungan wisatawan semakin tinggi. Sehingga warga pun bisa diuntungkan.

 

“Kita punya harapan agar Mbak Puti nantinya punya fokus menguatkan pariwisata Gunung Kelud,” ujarnya. (ari)

 

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive