• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

JANGAN JADIKAN MADURA SEBAGAI OBYEK. JADIKAN MADURA SEBAGAI SUBYEK PEMBANGUNAN

February 10, 2018

 

 

Sby,MercuryFM - Gelaran perpolitikan Madura benar benar menjadi perhatian. Dalam gelaran Pilgub Jatim 2018 ini, kembali pulau garam tersebut menjadi salah satu perhatian para pasangan calon (Paslon). Bahkan muncul wacana dari salah satu calon peserta pilgub jatim yang mematok pembangunan madura hanya 1 trilun sehingga kesan Madura sebagai obyek tampak.

 

Munculnya kesan madura sebagai obyek memantik reaksi salah satu tokoh Madura, Achmad Iskandar. Wakil ketua DPRD Jatim ini menilai, pematokan nominal Rp 1 triliun itu tidak manusiawi.

 

"Kebutuhan masyarakat Madura itu sangat tinggi. Jangan mematok nominal, tapi berikanlah sesuai kebutuhan, dan jadikan wilayah prioritas utama pembangunan," tegas Iskandar saat ditemui di Surabaya, Sabtu (10/2/2018).

 

Menurut Iskandar,  tugas berat yang harus dilaksanakan pemimpin Jatim lima tahun kedepan adalah mengentas masyarakat Madura dari kemiskinan.

 

"Setidaknya lima tahun kedepan bisa mengurangi kemiskinan di Madura. Itu targetnya. Jangan dipatok dengan nominal seperti itu," ujarnya.

 

Iskandar justru memberi apresiasi pada mantan mentri sosial Khofifah yang menilai untuk membangun Madura harus melibatkan Madura sendiri. Sehingga Melihat Madura sebagai Subyek  pembangunan bukan Obyek.

 

"Bu Khofifah dalam menanggapi persoalan Madura menyajikan data yang lebih terintegrasi dan  sesuai. Sehingga dana yang di katakan kemarin dana minimal dan bisa berkembamg sesuai kondisi. Ini yang lebih relevan. Madura subyek pembangunan bukan obyek pembangunan," terangnya.

 

Lanjut Iskandar, hal penting yang harus jadi prioritas agar bisa mengentas kemiskinan di Madura, adalah meningkatkan pendidikan dan kesehatan.

 

"Nanti kemiskinan akan terentas jika kedua (pendidikan dan kesehatan) ini tercukupi. Kami bangga dengan calon dari Demokrat (Khofifah-Emil) yang telah melakukan navigasi dan inventarisasi kebutuhan masyakat Madura," terangnya

 

Ditambahkan, selama ini perhatian Pemprov Jatim terhadap masyarakat Madura terus meningkat. Dengan navigasi yang sudah dilakukan, ia yakin Khofifah mampu mengangkat derajat masyarakat Madura. (ari)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive