• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

GUS IPUL - PUTI JANJIKAN PROGRAM DIK DILAN DAN SATRIA MADURA

February 11, 2018

 

Sby,MercuryFM - Bakal calon Gubernur Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) janjikan Dik Dilan dalam programnya ketika terpilih di Pilgub Jatim 2018. 

 

Program Dik Dilan (Pendidikan Digratiskan Berkelanjutan) ini merupakan salah satu program prioritas yang akan masuk dalan visi misi pasangan yang diusung oleh PKB, PDI Perjuangan, Gerindra dan PKS.

 

Menurut Gus Ipul dalam keterangan terkait visi misinya di Pilgub Jatim yang berlangsung di sekertariat tim pemenangan pasangan Gus Ipul - Puti di kawasan Gayungsari, yang didampingi ketua DPW PKB Jatim Halim Iskandar, Dik Dilan bakal mengembalikan lagi pendidikan gratis untuk masyarakat Jawa Timur. 

 

"Setelah Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 mengembalikan lagi kewenangan terhadap SMA/SMK Negeri kepada pemprov, sejumlah daerah yang menggratiskan pendidikan hingga tingkat menengah atas tak bisa melakukannya lagi," jelasnya.

 

Dengan Dik Dilan, kata Gus Ipul, pihaknya dan Puti Guntur Soekarno kembali akan menggratiskan SMA/SMK Negeri. Komitmen pendidikan tak hanya diwujudkan pada sekolah negeri, tapi juga sekolah swasta. 

 

"Sekolah-sekolah swasta yang setingkat dengan SMA akan diberikan subsidi. Pemprov Jatim mengalokasikan dana untuk meng-cover seluruh operasional SMA/SMK tanpa dibebankan ke peserta didik dengan alokasi Rp 1,4 triliun," urainya

 

Dijelaskan lagi oleh pria yang sudah hampir 10 tahun mendampingi Pakde Karwo sebagai Wakil Gubernur ini, komponen yang akan ditanggung mencakup biaya operasional dan SPP yang dihitung per siswa. 

 

“Untuk siswa dari keluarga miskin, kita akan memberikan beasiswa yang digunakan untuk biaya transportasi, pembelian peralatan sekolah dan pengadaan buku dan alat penunjang kecakapan khusus. Besaran dana akan disesuaikan untuk masing-masing daerah,” ujarnya.

 

Dalam kesempatan ini Gus Ipul juga menyatakan selain DIk Dilan ada program Satria Madura (Satu Triliun untuk akselerasi pembangunan Madura).

 

"Selama ini kita selalu memunggungi Pulau Madura. Daerah dengan julukan pulau garam itu berada dalam posisi yang kurang menguntungkan. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) masih rendah, kemiskinan masih tinggi, infrastruktur kurang memadai, dan akses terhadap layanan kesehatan yang masih berada dibawa rata-rata," jelasnya.

 

Kata Gus Ipul program ini akan memberikan anggaran tambahan sebesar Rp 1 triliun per tahun yang dibagi secara proporsional untuk 4 kabupaten yang ada. Anggaran ini akan menambah anggaran lain yang selama ini sudah diberikan. 

 

“Fokus pemanfaatannya adalah akselerasi pembangunan infrastruktur, investasi bidang ekonomi dan peningkatan aksesibilitas pada layanan pendidikan dan kesehatan,” pungkasnya. (ari)

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload