• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

KONDISI BADAN YANG TIDAK FIT YANG MENYEBABKAN BANYAKNYA ANAK DI PAMEKASAN ALAMI PINGSAN SETELAH DI VAKSIN DIFTERI

February 12, 2018

Sby, MercuryFM - Terkait pelaksanaan imunisasi vaksin difteri  yang dilakukan masal di Desa Kadur, kecamatan Kadur,  Kabupaten Pamekasan, Sabtu (10/2/2018). Ada 300 anak-anak yang di imunisasi.

 

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Timur, Dr Kohar Hari Santoso mengakui, beberapa anak yang sudah divaksin difteri ini memang setelah 12 jam merasa hal, pusing, dan demam. Dan kondisi ini berlanjut sampai dengan Minggu (11/2/2018), mulai banyak siswa yg merasakan hal yg sama dan langsung dibawa ke Puskesmas.

 

"Kurang lebih ada 80 siswa yang merasakan hal yang sama, dan 54 yang masih dirawat dan di infus dan sempat menginap di Puskesmas Larangan dan Puskesmas Kadur," kata Kohar saat dikonfirmasi, Senin (12/2/2018).

 

Kohar menegaskan ada beberapa santri yang ketika di imunisasi mengaku belum sempat sarapan, dan setelah diimunisasi anak-anak ini juga tidak segera makan. "Dan kondisi inilah yang menyebabkan anak-anak merasakan mual, pusing, dan lemas," tegas Kohar.

 

 

Untuk standart kesehatan dalam hal imunisasi, ditambahkan Kohar secara umum kondisi badan harus cukup fit, dan tidak sedang alami demam atau pun batuk, pilek.

 

Kohar menambahkan setelah imunisasi efek umum yang umum terjadi memang badan akan alami panas tapi tidak terlalu tinggi. Namun hal ini tidak disebabkan karena gangguan psikologis. "Kalaupun ada juga tidak terlalu mempengaruhi, karena kebiasaan anak-anak cuman takut jarum suntik, dan takut melihat temannya yang sudah dulu disuntik," paparnya.

 

Kohar menghimbau bahwa imunisasi vaksin difteri yang sudah dilakukan masal di Desa Kadur, kecamatan Kadur,  Kabupaten Pamekasan, masih sesuai dengan prosedur, baik vaksin, maupun kondisi tubuh. Dan diminta bagi masyrakat utk membawa putra putrinya ke Puskesmas agar mendapat imunisasi divteri guna mencegah penyakit divteri, dan saat ini sudah 95 persen masyarakat yg melakukan imunisasi divteri.(Dani)

 

 

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive