• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

SELAIN DIK DILAN, GUS IPUL JANJIKAN DESA CEMARA DAN TEBAR JALA

February 12, 2018

Sby, MercuryFM - Pasangan Syaifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Puti Guntur Soekarno masukkan program Pemberdayaan Desa bila terpilih di Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018. Program yang masuk dalam visi misi ini selain program DIK Dilan (Pendidikan Digratiskan Berkelanjutan), Gus Ipul dan Puti juga akan meningkatkan peran desa untuk ikut terlibat di pembangunan Jatim kedepan.

 

"Payung besar untuk program ini kita namakan Desa Cemara (Desa Cerdas Maju Sejahtera)," ujar Gus Ipul dalam pemaparan visi misinya di sekretariat Tim Pemenangan Gus Ipul - Mbak Puti, Minggu (12/02/2018).

 

Menurut Gus Ipul, program ini berangkat dari berbagai persoalan pelayanan publik yang berhubungan dengan urusan administrasi. Selama ini, warga banyak yang mengeluh mengenai pelayanan yang tidak efisien, mahal, terlalu birokratis, dan tidak pasti.

 

Gus Ipul menambahkan, program ini bertujuan untuk memastikan segenap aspek dan jenis pelayanan bisa dilakukan dari tingkat desa. Sasaran program ini menjangkau sebanyak 5.674 desa dan 2.827 kelurahan. 

 

“Kita akan memberikan suplemen dana antara Rp 50-100 juta. Pemanfaatannya untuk bantuan perangkat keras dan pelatihan sumber daya manusia serta menjamin keterhubungan sistem," jelasnya. 

 

Pihaknya, kata Gus Ipul, menargetkan semua desa/kelurahan di Jatim bisa memaksimalkan fungsinya sebagai ujung tombak pelayanan warga. 

 

"Komitmen anggaran program Desa Cerdas adalah sebesar Rp 700 miliar untuk instalasi serentak di tahun pertama dan anggaran pemeliharaan dan operasional untuk tahun-tahun berikutnya," ulasnya.

 

Selain Desa Cemara pihaknya akan menuntaskan pembangunan jalan lintas selatan plus pembangunan pusat ekonomi yang difokuskan untuk bidang pariwisata dan daerah penyangga ekonomi agro. Yaitu Program Besar Tebar Jala (Pusat Ekonomi Baru Jalur Selatan).

 

"Tujuannya, membuka koridor isolasi daerah pantai selatan Jawa Timur agar tumbuh sejajar dengan daerah-daerah lain dijatim sehingga disparitas yang masih ada di jatim, khususnya wilayah selatan kedepan bisa dikurangi," jelasnya.

 

Tidak kalah penting, pasangan yang diusung dan didukung PKB, PDI Perjuangan, Gerindra dan PKS ini, juga akan menjalankan progran Madin plus. Kata Gus Ipul, meneruskan program pemprov Jatim sebelumnya yakni program Bantuan Operasional Sekolah Daerah Madrasah Diniyah (Bosda Madin) untuk peningkatan kesejahteraan guru-guru Madin. 

 

"Melalui program Madin Plus, saya dan mbak Puti akan memperluas jangkauan penerima dan memasukkannya sebagai bantuan keuangan yang bisa diberikan secara rutin setiap tahun," terangnya.

 

Bahkan dalam program ini insentif guru Madin akan ditingkatkan lagi lebih besar dari sebelumnya. Serta adanya bantuan sarana prasarana yang diberikan berbasis jumlah siswa yang dilayani. 

 

“Kita ingin agar pendidikan Madin semakin mapan dalam memberikan kontribusi bagi meningkatnya kualitas (pendidikan agama dan akhlak generasi muda,” pungkasnya. (ari)

 

 

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive