BUDAYA K3 DI PERUSAHAAN MASIH SANGAT MINIM


Sby, MercuryFM - Budaya keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di tempat kerja bagi para karyawan dinilai masih sangat minim, bahkan masih banyak yang mengabaikan.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur, Setiajit mengatakan meski pihaknya mendorong perusahaan menerapkan Undang-Undang mengenai K3, namun pihaknya menilai banyak tempat kerja yang belum membudayakan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) untuk karyawannya.

"Masih banyak pekerja dan perusahaan belum berperilaku dan berfikir K3 ketika bekerja," kata Setiajit, Selasa (13/2/2018).

Setiajit menjelaskan banyak pekerja yang bekerja tidak sesuai standar operasional prosedur (SOP), bekerja tidak sesuai kompetensi serta kebiasaan bekerja yang salah dan merasa berpengalaman. "Contohnya, masih banyak operator boiler yang harusnya lulusan minimal D3, diisi oleh lulusan SMA bahkan SD. Nah, ini yang sering menjadikan pekerja tersebut memiliki risiko kecelakaan kerja lebih tinggi," ujarnya. Dia menyebut, banyak yang menganggap K3 sebagai biaya. Untuk itu, dia meminta pemahaman seperti itu harus dirubah. Sebab, K3 merupakan kebutuhan dan investasi. Pada kesempatan yang sama, Direktur PPNS Eko Julianto mengatakan bahwa budaya K3 harus dibangun sedini mungkin. Hal itu, karena K3 masih belum menjadi budaya. Dia mencontohkan, di jalan masih banyak pengendara sepeda motor yang tidak memakai helm dan melanggar lalu lintas. "Kalau kita ingin K3 jadi budaya, K3 harus dikenalkan dan dibiasakan dari kecil. Bisa diajarkan dari usia TK dan SD," kata Eko. Dia menegaskan, PPNS menciptakan lulusan K3 demi terpenuhinya kebutuhan. Menurutnya, satu perusahaan minimal harus memiliki satu ahli K3. Sebab, SDM yang memahami tentang K3 akan membantu para perusahaan, industri, dan masyarakat luas dalam menciptakan lingkungan yang aman. Acara seminar itu sendiri dihadiri lebih dari 500 peserta yang terdiri dari pengawas, pelaku industri, dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi.(Dani)


Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group