SMAN TARUNA ANGKASA MADIUN, JANGAN HANYA UNTUK KALANGAN EKSKLUSIF

February 14, 2018

 

 

Sby,MercuryFM - Pada bulan Maret nanti, kota kabupaten di Jawa Timur, tepatnya di Madiun, akan membuka pendaftaran SMAN Taruna Angkasa, yang akan bertempat di SMAN 3 Madiun. Menurut Ketua Dewan Pendidikan Kota Surabaya, Martadi untuk di Jatim sendiri memang akan ada beberapa sekolah sejenis ini akan dibangun. "Kabar ini menjadi berita yang cukup menyegarkan, untuk memberikan wacana pendidikan di Jatim. Pemerintah Provinsi, tampaknya akan mendirikan lima sekolah sejenis, seperti SMAN Taruna Nala di Malang, menyusul kemudian di Madiun, dan Bojonegoro, dll," terang Martadi.

Ketua Dewan Pendidikan Kota Surabaya ini mengatakan, sepertinya pemerintah provinsi ingin memberikan satu pola pendidikan SMA sekolah yang berasrama(boarding school). Sekolah dengan model ini, dengan memanfaatkan fasilitas yang dimiliki oleh TNI Angkatan Udara. "Dimungkinkan, pola ini belajar dari sekolah sebelumnya yang dianggap berhasil, seperti sekolah Taruna Nusantara yang ada di Magelang. Karena dengan pola itu, tampaknya cukup efektif untuk anak-anak berkonsentrasi belajar, sambil membentuk karakter anak yang baik. Sebab, disekolah-sekolah seperti itu, mereka akan dilatih kedisiplinan, perjuangan dan bagaimana kecintaan kepada tanah air," kata Martadi.

Martadi menyatakan, jika kedepannya sekolah-sekolah dengan model seperti ini dirintis di Jatim, akan menjadi salah satu model pendidikan berasrama, yang kedepannya bisa menjadikan anak-anak generasi muda kita tangguh, dengan memiliki kecintaan yang baik terhadap kebangsaan. "Mengenai konsep, kurang lebih sekolah SMAN Taruna Angkasa juga akan sama dengan Taruna Nusantara yang ada di Magelang," kata Martadi. Ini karena tampaknya terang Martadi, dari konsep yang disampaikan oleh Gubernur Jatim, Soekarwo kepada pimpinan TNI Angkatan Udara, mereka akan menggunakan pola boarding school, dalam artian pendidikan yang berasrama.

"Kalau polanya berasrama, pasti penekananannya pada pembentukan karakter anak-anak SMA kita dan fisik mereka. Sehingga, kelak bisa menjadi generasi yang tangguh tidak hanya disisi akademik, tetapi juga memiliki sikap kebangsaan yang baik," terang Martadi. Ia berpendapat, kalau itu semua menjadi tujuannya, maka ini akan menjadi salah satu pilihan alternatif model pendidikan yang cukup positif. "Ditengah, anak-anak kita mendapat pengaruh yang luar biasa, yang agak susah kita kendalikan dari berbagai lingkungan saat ini," tambah Martadi. Dengan pendidikan model boarding school ini, kata Martadi, bisa menjadi pilihan sekolah yang fokus untuk anak-anak berkonsentrasi dalam menjalani pendidikannya.

Sementara itu, banyak berkembang informasi di masyarakat kalau sekolah dengan model ini berbiaya cukup mahal, mengomentari fenomena ini, Martadi mengatakan, hal ini akan menjadi tantangan agar bisa dicarikan solusinya oleh pemerintah provinsi. "Tantangannya, adalah kalau sekolah-sekolah seperti ini awalnya bersubsidi, sehingga hanya putra-putra terbaik yang bisa terpilih.Tetapi dalam perkembangan terakhir, seperti di Taruna Nusantara Magelang, misalnya yang berbayar cukup besar, karena harus menanggung biaya asrama, makan, pendidikan dan sebagainya," terang Martadi.

Dan yang harus diantisiapsi menurut Martadi adalah, jangan sampai biaya semua itu dibebankan kepada orang tua siswa. "Tetapi, bisa saja polanya adalah, pemerintah provinsi perlu menanggung sebagian biaya itu melalui alokasi subsidi. Sehingga, nantinya anak-anak dari orang tua tidak mampu, tetapi memiliki potensi luar biasa, tetap berkesempatan untuk bisa ikut pendidikan dengan pola boarding school ini,"kata Martadi. Karena kalau tidak, kata Martadi, akan berkesan pendidikan ini menjadi ekslusif, yang hanya bisa dinikmati oleh orang-orang tertentu. Martadi berharap, nantinya pemerintah provinsi bisa memberikan alokasi subsidi untuk pendidikan yang berpola boarding school, seperti ini. (Nl)

 

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive