• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

DICARI GUBERNUR PRO REVOLUSI POPOK

February 15, 2018

 

Sby, MercuryFM - Popok bukan sembarang sampah, melainkan termasuk limbah berbahaya berkategori B3. Bahaya ini yang dikampanyekan para aktifis lingkungan didepan Gedung Grahadi.

"Kami cari Gubernur yang Pro Revolusi Popok, kami butuh Gubernur yang tegas mendorong agar industri, khususnya industri popok mau mengolah limbahnya" tegas Aziz koordinator aksi.

Perusahaan popok harus menyediakan drop post untuk pembuangan sampah popok. Karena selama ini masyarakat kebingungan mau dibuang kemana sampah itu.

Aziz kembali mengatakan hampir sebagian besar sungai di kabupaten kota di Jatim menjadi tempat pembuangan sampah popok.

"Kita sudah kelililing di 14 kabupaten kota untuk mengevakuasi limbah popol, diantaranya Malang, Batu Jombang dan Kediri" ujarnya.

Dirjen limbah B3 dan pengolahan sampah berencana memasukkan sampah popok kedalam jenis sampah limbah B3. Saat ini KLHK sedang menyusun rancangan peraturan pemerintah (RPP)  pengolahan sampah untuk melengkapi implementasi UU sampah 18/2008.

Rencana ini menunjukkan pemerintah Gegabah karena efeknya akan makin sulit penanganan sampah popok  karena prakteknya selama ini pemerintah mengabaikan pengelolaan limbah B3 yang berasal dari industri meskipun masuk kategori point source,  apalagi tangani popok yg sumbernya tersebar atau non point source.

Kelompok pegiat lingkungan Ecoton lebih mendorong penyelesaian problem popok  di hulu masalah yaitu melibatkan produsen dlam penanganan sampah popok dan design produk.

Saat ini produk popok di indonesia memiliki kualitas lebih buruk dibanding produk popok di Thailand,  Malaysia dan Singapura. Di Indonesia bahan baku popok 55% adalah plastik sisanya senyawa kimia pengganggu hormon dan pulp paper.

Popok di indonesia sudah ketinggalan jaman karena menggunakan teknologi tidak ramah lingkungan sehingga sampahnya sulit untuk didaur ulang. (alam)

 

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags