PERHIASAN DAN BERLIAN DONGKRAK EKSPORT JATIM


Sby,MercuryFM - Eksport Jawa Timur di bulan Januari 2018 meningkat meski tidak terlalu signifikan. Data Badan Pusat Statistik (BPS) Jatim mencatat kenaikkan eksport Jatim di Bulan Januari 2018 mencapai 1,16 milyard USD. Nilai ini meningkat 3,90 persen kalau dibandingkan bulan Desember 2017. Tapi pertumbuhan ini tidak terlalu tinggi kalau dibandingkan bulan Januari di tahun 2017, yang mencapai 17,60%.

"Di Januari 2018 kenaikkan ekspor yg besar dari non migas sebesar 10,45 persen dibanding Desember" kata Ketua BPS Jatim Teguh Pramono.

Berbanding terbalik dengan ekspor non migas, ekspor migas Jatim justru menurun dari 131 juta USD menjadi 43 juta USD.

"Pertumbuhan ini hanya 3,9%. Tapi kalau dibandingkan dengan pertumbuhan nasional cukup bagus, karena nilai ekspor migas nasional justru menurun " ujar Teguh lagi.

Pertumbuhan eksport Jatim banyak dipengaruhi dari tumbuhnya ekspor perhiasan dan permata. Kalau dihitung secara kwantitas eksport perhiasan dan permata turun tapi harganya naik.

"Artinya kwalitas ekspor perhiasan dan permata kita lebih baik" ujar Teguh.

Selain ekspor perhiasan dan permata, komoditas ekspor lain yang dominan yaitu tembaga yang volume ekspor maupun harganya naik. Ditambah lagi komoditas daging dan olahan ikan.

Sementara itu import di bulan Januari cukup besar yaitu senilai 2.36 milyard USD, naik tipis di bulan Desember sebesar 0,29%.

"Komoditas import utama yaitu peralatan mesin dan mekanik sebesar 12.4%, besi dan baja sebesar 9,45%, plastik 6% dan alat listrik juga sebesar 6%" pungkas Teguh.(Alam)


Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square