• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

TERINSPIRASI PERTANIAN ORGANIK MALANG, GUS IPUL DORONG ANAK MUDA PERKUAT PERTANIAN ORGANIK

February 21, 2018

 

Mlg, MercuryFM - Pasangan calon no 2 Saifullah Yusuf - Puti Guntur Soekarno habiskan waktu kampanye hari ini di kawasan Malang Raya. Gus Ipul sapaan akrab Saifullah Yusuf menyapa masyaralat petani organik batu dan Puti Guntur Soekarno kunjungi kampung go green Malang.

 

Calon Gubernur Jatim Saifullah Yusuf melihat dan mendatangi potensi desa wisata Petik Jambu Kristal Bumiaji, Batu, Rabu 21 Februari 2018.

 

Dalam kesempatan ini, Gus Ipul mengajak para pemuda di Jawa Timur tidak lagi enggan bertani. Saat ini bertani sudah bisa dilakukan dengan modern. 

 

"bertani itu saat ini mengasyikkan dan keuntungannya sangat tinggi," ujarnya.

 

Gus Ipul melihat potensi pertanian organik di Jawa Timur sangat besar. Masalahnya, harga sayur-sayuran dan buah-buahan organik ini terbilang cukup mahal, sehingga tidak terjangkau untuk dibeli.

 

Padahal, kualitas gizinya jauh lebih tinggi dibanding hasil pertanian anorganik, yang prosesnya melibatkan pestisida, pupuk dan kandungan organik lainnya. Selain itu, meski cepat panen, produk anorganik juga tidak tahan dan cepat busuk.

 

"Organik, lebih lama panennya, tapi lebih tahan lama. Saya senang melihat kelompok-kelompok tani yang mengembangkan pertanian organik seperti Bumiaji," ujar Gus Ipul yang didampingi pemilik kebun jambu kristal kebun jambu organik Hardi dan mertuanya Imam Gozali. 

Menurut Gus Ipul, hasil sayur-mayur maupun buah-buahan organiknya ini ke depannya diminati masyarakat luas. Seiring dengan kesejahteraan masyarakat yang kian meningkat. Terlebih saat ini sudah banyak dikembangkan inovasi-inovasi pendukung pertanian organik ini.

 

"Dimulai dari penerapan digitalisasi dalam proses produksinya. Semisal dalam tahapan quality control, di sini sudah bisa menggunakan aplikasi. Cukup difoto sudah bisa diketahui kualitas dari sayur ini apakah ada tambahan-tambahan pupuk dan lain lain di luar prosedur," pungkasnya. (ari)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive