PT XL AXIATA SIAPKAN INFRASTRUKTUR JARINGAN 5G

February 22, 2018

 

Sby, MercuryFM - PT XL Axiata (Tbk) East Region  di awal tahun 2018 siap memberikan layanan data jaringan 4.5G. Diantaranya dengan menyiapkan berbagai sarana infrastruktur. hanya saja untuk melangkah ke arah itu, saat ini XL masih menunggu selesainya proses perizinan dari pemerintah.

 

Vice President XL Axiata East Region, Mochamad Imam Mualim mengatakan, persiapan sudah dilakukan baik itu infrastuktur BTS 4G yang nantinya bisa digunakan hinggae5G dan lainnya sudah siap. " Kami tinggal menunggu perijinan yang dikeluarkan pemerintah untuk komersialisasinya," kata Mochamad Imam Mualim, di Surabaya Kamis (22/2/2018).

 

Aal sapaan akrab Mochamad Imam Mualim menjelaskan saat ini XL memiliki 17.000 BTS 4G dan hampir 46.000 BTS 3G yang tersebar di seluruh Indonesia.Debgan adanya teknologi baru tersebut pihaknya optimis bisa dengan cepat diterima masyarakat yang sudah diedukasi sebelumnya.

 

Aal berkeyakinan dari total pelanggan XL yang jumlahnya 53,5 juta pelanggan XL sampai akhir tahun 2017, tercatat 72 persen dari total pelanggan atau 38,3 juta pelanggan telah menggunakan smartphone. Dari jumlah pelanggan pengguna smartphone tersebut, yakin 50 persen diantaranya akan beralih ke 4.5G.

 

Tahun 2017 yang lalu, cakupan layanan data 3G/4G LTE XL Axiata mencapai sekitar 93 persen, sementara layanan 4G mencapai 85 persen dari total populasi. Untuk pengembangan jaringan dan juga penerapan teknologi jaringan terbaru dan IT untuk memaksimalkan kualitas layanan, XL Axiata akan mengalokasikan 90 persen dari anggaran belanja modal (Capex)  tahun 2018 yang sebesar sekitar Rp 7 triliun.

 

Dari pembangunan tahun lalu, jaringan 4G LTE XL Axiata telah menjangkau 360 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia. Pembangunan jaringan data masih akan dilakukan di Jawa, terutama untuk peningkatan kualitas layanan, sedangkan prioritas dilaksanakan di luar Jawa untuk melanjutkan perluasan jaringan 4G LTE yang sudah berlangsung sejak tahun lalu. Tahun ini, XL Axiataberencana akan menambah jumlah BTS baru dengan jumlah relatif sama dengan penambahan di tahun 2017, termasuk untuk perluasan cakupan layanan 4G LTE.

 

Tahun 2017 yang lalu, cakupan layanan data 3G/4G LTE XL Axiata mencapai sekitar 93 persen, sementara layanan 4G mencapai 85 persen dari total populasi. Untuk pengembangan jaringan dan juga penerapan teknologi jaringan terbaru dan IT untuk memaksimalkan kualitas layanan, XL Axiata akan mengalokasikan 90 persen dari anggaran belanja modal (Capex)  tahun 2018 yang sebesar sekitar Rp 7 triliun.

 

 

"Seiring dengan pencapaian tersebut, XL targetnya menambah jumlah pelanggan sebesar 16 persen dibanding 2017 lalu. Jika pada 2017 pelanggan XL East Region sebesar 19 juta, maka tahun ini bisa mencapai 21,8 juta,"jelasnya.

 

Sementara itu, General Manager Sales Operation East Java PT XL Axiata East Region Hiasinta H Paembonan menambahkan, secara nasional, jumlah pelanggan emiten berkode EXCL ini mencapai 53,5 juta pelanggan. Dari jumlah itu, tercatat 72% diantaranya, atau 38,3 juta pelanggan telah menggunakan smartphone. Angka ini meningkat 32% dari capaian tahun lalu.

 

“Untuk jumlah pelanggan yang aktif mengkonsumsi layanan data juga telah mencapai 73%. Ini seiring dengan terus semakin baiknya kualitas layanan data dan  pembangunan jaringan data di berbagai wilayah. Pencapaian XL sepanjang 2017 secara jelas memberi sinyal bahwa kini saatnya memaksimalkan kemampuan jaringan data guna meningkatkan kualitas layanan,” papar Hiasinta. (Dani)

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group