KPU DAN BAWASLU MINTA KANDIDAT JANGAN MAIN MAIN SOAL ISU SARA


Sby, MercuryFM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur meminta dua kandidat di pilgub jatim maupun tim pemenangan dan relawan yang dimiliki tidak mengunakan isu SARA. "Perspektif ideologi, agama dan identitas menjadi bagaian perspektif yang menjadi bangunan opini dalam berkampanye. namun jangan sampai hal ini menjadi sebuah penghinaan, yang akhirnya mengarah pada unsur SARA," kata komisioner KPU Jawa Timur Muhammad Arbayanto dalam diskusi "Merawat Kebinekaan" Potensi Politik Identitas dan Isu SARA dalam Pilgub Jatim pada Kamis (22/02/2018).

Menurut Arba, dalam PKPU nomor 4 tahun 2017, yang tidak boleh dilakukan Paslon maupun pendukungnya adalah menghina dan mendiskreditkan pasangan lain.

"Bila ada pelanggaran tersebut, maka sangsi akan diberikan kepada pasangan calon. Kami dan Bawaslu tidak main main bila ada isu SARA yang dimainkan untukbmelakukan tindakan tegas," jelasnya.

Sementara itu, komisioner Bawaslu Jatim Totok Haryono mengatakan, sampai sejauh ini memang belum ditemukan indikasi adanya Black campaign di Pilgub Jatim. "Jawa Timur ini aman aman saja saya pikir sudah sangat dewasa.

Politik Identitas kita jangan untuk menegasi kelompok lain tetapi untuk mentransparasi," tandasnya. Dia mengatakan, pihaknya sudah bekerjasama dengan Kementerian Kominfo untuk melakukan Patroli di Media sosial.

Nantinya, jika ditemukan akun yang menghujat atau Black campaign terhadap kandidat tertentu akan diblokir."Kami sudah melakukan Patroli di Medsos, jangan sampai Pilgub Jatim nanti diwarnai aksi saling Hujat," pungkasnya. (ari)


Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group