• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

GUS IPUL TERPESONA KULINER TROWULAN DAN DATANGI KORBAN BANJIR JOMBANG

February 23, 2018

 

Sby,MercuryFM - Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 2 Saifullah Yusuf (Gus Ipul) benar benar penikmat kuliner makanan Jatim. Disela kegiatan kampanye menyapa masyarakat, pasangan Puti Guntur Soekarno ini,  menyempatkan diri menikmati sambel wader khas Majapahit di "Warung Mbak Tin", yang merupakan Warung  legendaris, karena berdiri tepat di pinggir kolam Segaran Trowulan. Jum'at (23/02/2018)

 

Dengan antusias, keponakan KH Abdurahman Wahid (Gus Dur) ini melahap nasi sambel wader dari warung yang telah berdiri sejak tahun 1990 ini. Gus Ipul pun mengacungkan dua jempol atas kelezatan wader goreng dari Warung Mbak Tin.

 

"Mantab dan dahsyat rasanya. Khas wader sungai. Kalau pas lewat kapan-kapan saya akan mampir lagi," ujar mantan ketua GP Ansor dua periode ini.

 

Di Warung ini, Gus Ipul memilih menu paket wader pedas lengkap tambah ikan kutuk. Ada juga bothok jeroan yang diambil Gus Ipul.

 

Sambil menahan pedas, salah satu Ketua PBNU ini mengaku sangat kagum dengan kekayaan kuliner Jawa Timur yang luar biasa beragam. 

 

Hampir disetiap kunjungan ke daerah, Gus Ipul selalu menyempatkan mampir ke warung-warung sederhana di pinggiran jalan. Bagi Gus Ipul, warung rakyat kaki lima tidak pernah kalah lezat dibandingkan makanan di restoran mahal.

 

Warung Wader Bu Tin ini adalah warung yang pertama kali menyediakan masakan sambal wader, yang saat ini sudah menjadi makanan khas di Trowulan. 

 

“Belum ada warung sama sekali, cuma warung saya ini saja dulu yang pertama. Warung ini di bangun sejak tahun 1990,” jelas Rukiatin, pemilik Warung.

 

Sementara itu Rukiatin mengaku senang warungnya didatangi Gus Ipul. Dia berharap sosok seperti Gus Ipul yang tidak pernah mengambil jarak dengan masyarakat bisa terpilih menjadi Gubernur.

 

"Gus Ipul itu enak. Tidak mengambil jarak, bisa salaman dan saya ajak selfie," ujar Rukiatin.

 

 

Sementara itu sebelum ke makanan kuliner tersebut, Gus Ipul juga mendatangi rumah Niko Arfani Ferdiyansyah (17 tahun) warga Dusun Kagulan, Desa Janti, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang. Putra pasangan Saiful Ahsin dan Khusnul Khotimah yang hanyut hilang terbawa arus pada Kamis 22 Februari 2018 kemarin.

 

"Saya turut prihatin atas musibah yang sedang menimpa keluarga Pak Saiful dan Bu Khusnul. Semoga ada keajaiban dan adik Niko bisa ditemukan dengan selamat, " kata Gus Ipul, saat bertemu keluarga korban.

 

Menurut Gus Ipul,  kedatangannya untuk memberikan dukungan moril, agar keluarga tetap sabar dan diberikan kekuatan lahir dan batin atas musibah  kali ini.

 

Usai menyampaikan bela sungkawa, Mantan Ketua GP Ansor dua periode ini lantas mengajak warga sekitar doa bersama membacakan tahlil agar korban yang hanyut terseret banjir sungai desa tersebut segera ditemukan.

 

Sebelum mengunjungi korban banjir yang hilang, Gus Ipul juga melihat posko banjir di Desa Gambiran. Total ada 2.046 warga terdampak. Sebanyak 1.040 orang diantaranya mengungsi setelah banjir menggenangi rumahnya.

 

Di posko banjir, Gus Ipul melihat kesiapan penanganan banjir dan dapur umum, serta membantu memasak sambil mencicipi makanan yang disuguhkan kepada pengungsi.

 

Menurut Gus Ipul,  Ada beberapa faktor yang membuat desa Gambiran, Mojoagung ini kebanjiran. Salah satunya ada tanggul yang rusak.

 

Karenannya kata Gus Ipul perbaikan infrastruktur pengairan memang harus menjadi prioritas. 

 

"Di tengah curah hujan yang tinggi, jika infrastruktur pengaraian siap, maka banjir sebenarnya tidak akan terjadi. Kalaupun sungai tidak mampu, maka hanya akan terjadi genangan sebentar dan air akan kembali masuk ke dalam sungai," pungkasnya. (ari)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive