KOMISI C DPRD JATIM PERYANYAKAN KINERJA BIRO EKOMONI TERKAIT RUPS BANK JATIM


Sby, MercuryFM - Kinerja Biro perekonomian sebagai pembina BUMD milik pemprop jatim dipertamyakan kalangan DPRD Jatim. Komisi C DPRD Jatim mempertanyakan sikap Biro perekonomisn yang tidak memberitahu Komisi C selaku alat kelengkapan DPRD Jatim yang membidani BUMD, terkait pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Bank Jatim yang baru dilaksanakan beberapa waktu lalu.

"Saya selaku ketua Komisi C menanyakan apa sih sebenarnya maunya Biro Perekonomian selaku pembina BUMD yang di Jawa Timur?" kata Ketua Komisi C Anik Maslachah, Jumat (23/2/2018).

Menurut politisi PKB ini, sesuai Perda 14 tahun 2012 tentang BUMD, di Pasal 8 disebutkan bahwa RJB atau RKAP BUMD disusun oleh BUMD dan ditetapkan setelah dikonsultasikan SKPD pembina BUMD dalam hal ini adalah Biro Ekonomi, dan dikoordinasikan dengan alat kelengkapan DPRD.

Jatim membidangi BUMD. Terkait rencana strategis perusahaan sebelum ditetapkan dalam RUPS.

"Ternyata ini (tanpa sepengetahuan Komisi C) tidak hanya sekali ini saja. Sudah sering terulang. Padahal kita beberapa waktu sudah ada teguran. Namun faktanya terulang lagi. Ini bukan sekadar etika, tapi ini soal Perda," jelas Anik.

Dilanjutkan Anik, ini juga masalah keputusan strategis yang menyangkut pengeluaran APBD. "Direktur Bank Jatim kan bilang akan launching BUS. Dengan memberikan suntikan modal Rp850 miliar. Pertanyaannya duit itu dari mana," ungkap politis PKB.

Makanya, ini perlu dikoordinasikan dengan Komisi C. Tidak begitu saja biro Ekonomi seolah mengabaikan komisi C."Iya kalau kita mau. Perlu kita tahu juga prospek usahanya bagaimana. Termasuk izin OJK yang sampai saat ini belum kelar. Ini menciderai Perda dan menganggap DPRD tidak ada. Biro Perekonomian tidak menghormati Perda," tandas Anik.

Untuk itu, dalam waktu dekat Komisi C akan memanggil pihak-pihak tersebut agar bisa memberikan penjelasan.(ari)


Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group