• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

PUTI NIKMATI KOPI IJO DAN BERI APRESIASI KRATIFITAS ANAK MUDA TULUNGAGUNG DALAM MENGELOLA CAFE

February 27, 2018

Tulungagung, MercuryFM - Berada di Tulungagung, Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno benar benar memanfaakan kehadirannya di Tulungagung untuk minum dikedai kopi bersama masyarakat Tulungagung. 

 

Calon Wakil Gubernur no urut 2 pasangan Gus Ipul ini menikmati kopi Ijo, ciri khas Kota Marmer, di Bolorejo, Kauman. Bahkan dalam kesempata itu, Puti Guntur Soekarno cukup teliti mengamati Kopi Ijo. Berasal dari biji kopi biasa, kemudian disangrai setengah matang. Ketika disajikan, aroma Kopi Ijo terasa khas. 

 

“Hemmmm... beda aromanya. Enak, enak dan khas rasanya," kata Puti setelah meminum kopi tersebut.

 

Selain menikmati kopi ijo, Puti juga mendatangi beberapa cafe yang dikelola anak muda yang ada di Tulungagung. Puti juga sempat berdialog dengan anak anak muda yang mengeloa cafe cafe tersebut. Bahkan dalam kesempatan ini Puti juga sempat belajar bagimana mengeloa minuman kopi dengan aneka macam campuran untuk lebih membuat kopi menarik untuk dinikmati.

 

“Saya mencoba bikin latte art, bentuk hati, ternyata sulit sekali ya... tapi jadi lho bikinan saya," kata dia tertawa.

 

Puti mengatakan, dirinya mendukung usaha anak anak muda daalm penegelolahan cafe cafe seperti di Tulungagung. Ini menunjukkan masih banyak anak-anak muda krteatif yang perlu terus didukung dan dibina untuk berdikari melalui kratifitasnya.

 

“Ini semua hasil bumi, dari kekayaan Nusantara ini. Kemudian, karena kreativitas anak-anak ‘jaman now’ bisa diracik, bisa diolah, menjadi sajian yang menyenangkan. Kopi telah menggerakkan ekonomi kreatif kita,” kata Puti

 

Usaha ini muncul dan menjamur. Warga masyarakat menyukai. Mereka bisa cukup lama jagongan, ngobrol, sambil menikmati Kopi Ijo. 

 

“Warga Tulungagung kebanyakan pekerja. Bisa jadi kebiasaan ngopi adalah untuk melepas lelah sehabis bekerja,” kata seorang warga.

 

Calon Bupati incumbent Tulungagung Syahri Mulyo yang mendampingi Puti megatakan saat ini memang banyak bermunculan cafe kreatif anak muda. Ini menunjukkan bahwa kratifitas anak muda di Tulungagung cukup menggembirakan dan ini berdampak posistif.

 

"Di Tulungagung diperkirakan menjamur warung atau kedai Kopi. Bisa mencapai hampir sekitar 3 ribu kedai,” kata Syahri Mulyo, Bupati Tulungagung periode 2013-2018.

 

Menurut Syahri Mulyo, meski kopi menjadi kesukaan warga, namun Tulungagung bukan daerah penghasil kopi. Karena tanah-tanah hutan lebih menyerupai sebagai hutan lindung. Bukan tanah tegalan. 

 

“Kami ingin mulai agar kelak dihasilkan kopi hasil tanah Tulungagung,” pungkasnya.

 

Beberapa tahun ini, kopi menjadi bagian penting dalam pertumbuhan ekonomi kreatif. Tidak hanya untuk keperluan rumah tangga, atau disajikan di warung-warung, tetapi telah disajikan pada kedai dan gerai, mall, dan hotel-hotel mewah.(ari)

 

 

 

 

 

 

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive