BAWANG PUTIH DAN BERAS JADI KOMODITAS UTAMA PENYUMBANG INFLASI DI JATIM


Sby, MercuryFM - Data Badan Pusat Statistik (BPS) Jatim menyebutkan kalau nilai inflasi di Jatim pada Februari 2018 sebesar 0,16%. Jumlah ini turun kalau dibandingkan dibulan Januari sebesar 0,60%. Angka ini kalau dikomulatifkan mulai Januari ke Februari, indexnya sebesar 0.77%. Sedangkan secara Year on year sebesar 3.01%.

Kepala BPS Jatim Teguh Pramono pada Kamis 01/03 mengatakan, inflasi terjadi di 8 titik Kabupaten dan Kota yang menjadi wilayah pantauan inflasi. Antara lain Jember, Banyuwangi, Sumenep, Kediri, Malang, Probolinggo, Madiun dan Surabaya.

"Inflasi tertinggi terjadi di Probolinggo sebesar 0,31%. Sedangkan inflasi terendah dialami Surabaya sebesar 0,14%" ujar Teguh.

Teguh kembali mengatakan, komoditas bawang putih dan beras menjadi komoditas utama dari 10 kelompok penyumbang inflasi. Komoditas bawang putih mengalami kenaikkan harga sebesar 32,56%. Sedangkn beras mengalami kenaikkan harga sebesar 1,04%.

"Sebenarnya harga beras sudah berangsur turun, tapi harga beras di bulan Januari masih tinggi dibandingkan pada bulan Januari" lanjut Teguh.

Komoditas lain penyumbang inflasi diantaranya, bensin, emas perhiasan, sepeda motor, tomat sayur, upah pembantu dan cabe rawit.

Sementara itu komoditas yang menahan laju inflasi antara lain, telur ayam ras, harga tarif angkutan udara, daging ayam ras dan wortel.(Alam


Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group