• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

SSC : TURUNNYA SBY DI MATARAMAN NAIKKAN ELEKTABILITAS KHOFIFAH - EMIL

March 2, 2018

 

Sby, MercuryFM - Turunnya Presiden ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) beberapa waktu lalu, akan membawa dampak positif bagi pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur Nomor Urut 1, Khofifah Indar Parawansa - Emil Elestianto Dardak

 

Peneliti Surabaya Survei Center (SSC) Mochtar W Oetomo menilai strategi politik yang dilakukan Partai Demokrat dengan menurunkan SBY di Mataraman sudah tepat. Selain menaikkan suara Khofifah - Emil, turun gunung nya SBY itu juga bisa meningkatkan elektabilitas Partai Demokrat di Jatim. 

 

"Maka jika SBY turun kampanye jelas akan ada efek elektoral baik bagi dirinya sendiri, partai atau paslon yg didukung," katanya ketika dikonfirmasi, Jumat (28/2/2018).

 

Menurut Mochtar, tlatah Mataraman selama ini menjadi basis Partai Demokrat. Sehingga Elektabilitas Khofifah-Emil pasca turunnya SBY diprediksi akan naik pesat. 

 

"Basis SBY dan Demokrat ada di Mataraman. Utamanya dapil 7 Pacitan, Trenggalek, Ponorogo, Magetan,  dan  Ngawi. Juga di Dapil 6 (Tulungagung, Kediri, dan Blitar) dan Dapil 8 (Mojokerto, Jombang, Nganjuk dan Madiun.  Jika SBY turun diwilayah ini saya rasa Khofifah - Emil bakal tak terbendung di sana. Demikian juga partai Demokrat," tambahnya. 

 

Mochtar juga menjelaskan, sosok SBY, maupun tokoh lain seperti Megawati dan Prabowo Subianto memang menjadi magnet bagi pemilih di Jatim. Karena itu, bila semua turun, maka akan membuat Pilgub Jatim semakin sengit dan dinamis. 

 

"Dalam konteks politik Indonesia sekarang harus diakui bahwa Jokowi, Prabowo, Mega dan SBY adalah publik opinion leader papan atas dalam konstalasi politik tanah air. Keempatnya adalah pendulum politik sekaligus vote better utama dalam kontestasi politik elektoral tanah air," pungkasnya. 

 

Seperti diketahui, SBY melakukan road show untuk memenangkan pasangan Khofifah-Emil di wilayah Mataraman beberapa waktu lalu. Gerilya politik itu dilakukan di Tulungagung, Madiun hingga Magetan. (REP)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags