• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

EMIL AKAN REBRANDING BAWANG NGANJUK DAN KENALKAN PROGRAM INFORMATION SUPER CORIDOR PEDAGANG PASAR

March 6, 2018

 

NGANJUK, MercuryFM - Calon wakil Gubernur no urut 1 Emil Elestianto Dardak berjanji akan menjaga stabilitas harga bawang merah khususnya bawang merah yang dihasilkan dari petani bawang merah Sukomoro Nganjuk.

 

"Bawang Nganjuk ini bisa kita jadikan sebagai unggulan Jawa Timur layaknya bawang Brebes di Jateng" Ujar Emil yang mendatangi dan merasakan langsung proses distribusi Bawang Merah, di pasar induk sentra bawang merah Sukomoro, Nganjuk, Selasa (06/03/2018).

 

Dalam kedatangannya Cawagub pendamping Cagub Khofifah Indar Parawansa ini, berbincang dengan pedagang setempat seputar kondisi terkini sentra ekonomi bawang merah. Termasuk mendengar dengan seksama keluhan pedagang soal kondisi harga bawang yang fluktuatif.

 

Menurut Bupati Trenggalek non aktif ini, seharusnya harga bawang merah bisa dikontrol dengan program dan kebijakan strategis dari pemerintah. Program tersebut ia namakan Information Super Corridor. Sebuah program yang bergerak dengan mengumpulkan data pelaku ekonomi. Untuk bisa memantau sekaligus bergerak membantu pelaku usaha. Sehingga produksi bawang merah tetap berlanjut.

 

"Produksi bawang merah ini, jika menerapkan Information Super Corridor, bisa kita eskpor ke Jepang dan Srilangka," ucapnya di sela-sela perbincangannya pedagang.

 

Solusi program dari Emil mendapat respon positif dari warga.

 

"Saya salut sama Pak Emil ini. walau muda tapi berbakat memimpin," ucap Rianto warga setempat.

Sementara itu selain mendatangi sentra bawang merah, cawagub yang diusung Partai Demokrat, Golkar, PPP, Nasdem dan Hanura ini juga mendatangi pasar Kertosono, Nganjuk. Disana Emil mendengarkan keluh kesah pedagang. 

 

Selain berjanji akan menjembatani keluhan pedagang yang ada suami Arumi Bachsin ini juga memaparkan kemudahan distribusi para pedagang pasar kedepan nantinya.

 

"Kita ada satu program yang namanya information super corridor. Ini adalah sistem informasi yang mengumpulkan data pelaku ekonomi industri pertanian dari Badan Perwakilan Wilayah (Baperwil) itu. Sehingga semua pelaku ekonomi pelaku usaha itu bisa ketahuan", katanya.

 

Ia menambahkan, dengan program itu nantinya pemerintah bisa memonitor langsung perkembangan ekonomi pasar.

 

"Jadi kalo misalnya, oh ternyata di pasar ini, kekurangan komoditi ini. Kita bisa prediksi dua bulan lagi daerah ini menghasilkan komoditi ini. Masa panen itu kita bisa gunakan sistem IT dengan menggunakan software kita bisa lakukan clearing," ucapnya.

 

Melihat hal tersebut beberapa warga mengangguk dan menyetujui statement Emil. Beberapa di antaranya bahkan bersorak. "Dukung nomor 1, Khofifah-Emil," kata beberapa pedagang yang dibalas senyum oleh Emil.(ari)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive