• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

SAMBUT UNBK, DIKNAS SURABAYA SIAPKAN 3 STRATEGI

March 6, 2018

Sby, MercuryFM - Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) akan digelar April mendatang. Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya menyatakan kesiapannya melalui strategi penyelenggaraan ujian yang sudah diatur.

 

Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya Ikhsan mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan pendataan siswa yang ikut ujian. Diknas juga sudah melakukan koordinasi dan pemetaan sekolah-sekolah terkait ketersediaan sarana dan prasarana UNBK dan USBK.

 

"Penyelenggaraan ujian kali ini sudah memasuki tahun keempat. Ujiannya pakai komputer. Jadi seharusnya sudah tidak ada lagi kendala di sekolah," kata Ikhsan.

 

Tak hanya melakukan koordinasi dan pemetaan sekolah. Diknas Kota Surabaya sudah menyiapkan sejumlah strategi. Pertama, bagi sekolah yang sudah mumpuni dalam hal sarana dan prasaran dapat menggelar ujian secara mandiri. Kesiapan sarananya meliputi jumlah komputer dan ruangan yang disesuaikan dengan siswa peserta ujian.

 

Kedua, SD dan SMP swasta yang berada dibawah naungan satu yayasan dapat saling bantu. Misalnya, mengatur penjadwalan agar ruang ujian dan komputernya dapat dipakai bergantian.

 

Ketiga, sekolah dengan satu sub rayon terdekat diimbau agar saling membantu. Misalnya, salah satu sekolah di rayon tertentu yang memiliki kelebihan sarana dan prasarana dapat menggelar ujian sebanyak dua sesi. Tujuannya supaya dapat membantu sekolah lain yang terkendala sarana dan prasarana.

 

Ikhsan menambahkan, penerapan strategi tersebut sebenarnya sudah dilakukan sejak tahun lalu. "Tahun ini, kami tinggal memperkuat. Karena jumlah sekolah-sekolah yang menggabungkan diri semakin sedikit," tutur Ikhsan.

 

Untuk memperkuat strategi itu, Diknas Kota Surabaya melakukan pengadaan 5200 unit komputer senilai Rp 52 Milyard.

 

"Dengan adanya komputer ini akan mempercepat pelaksanaan 3 strategi ini" ujar Ikhsan.

 

Targetnya setiap kelas ditiap sekolah harus ada komputer dan layar proyektor ditambah LCD. (alam)

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive