• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

PENGGANTIAN NAMA JALAN HARUS LEWAT KAJIAN PANSUS DEWAN

March 8, 2018

 

Sby,MercuryFM - Usulan penggantian nama Jalan Dinoyo menjadi Jalan Pasundan, Jalan Gunungsari menjadi Jalan Siliwangi oleh Gubernur Jatim harus melalui persetujuan DPRD Kota Surabaya. 

 

Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya Masduki Toha mengatakan, pihaknya telah menerima kabar kalau Walikota Surabaya sudah memberikan lampu hijau atas rencana itu.

 

"Sekarang kita menunggu draft raperda dari pemkot, yang nantinya akan kita bahas melalui pembentukan pansus raperda" ujar Masduki.

 

Dalam pansus itu nantinya akan dikaji dengan melibatkan sejumlah ahli dari sejarah diantaranya.

 

"Dinoyo kan punya sejarah, gunungsari kan juga punya sejarah, kenapa tidak jalan Bubutan saja yang diganti atau jalan lainnya, ini perlu kajian panjang" tambah Masduki.

 

Politisi PKB ini berharap tidak ada kepentingan lain selain kepentingan bersama terhadap rencana ini di penghujung masa tugas PakDe Karwo sebagai Gubernur Jatim.

 

Kalau benar penggantian nama jalan itu dilakukan, akan berdampak pada penggantian data kependudukan. Masduki mengatakan kalau persoalan itu akan menjadi tanggungan pemerintah daerah. Tapi dia mengakui kalau ada masyarakat yang malas mengurus perubahan data kependudukan nantinya.

 

Rencana penggantian nama jalan tidak sepenuhnya disepakati masyarakat. 

 

"Kenapa Jl. Gunungsari yang diganti, nama Gunungsari punya arti sejarah dikawasan itu" kata Maulana warga sekitar Jl. Gunung Sari.

 

 

Sementara itu sikap keberatan juga disampaikan sekelompok pemuda dengan menggelar aksi di Jl.Dinoyo. Mereka juga mengatakan Jl.Dinoyo punya arti sejarah.

 

Rencana penggantian nama jalan ini muncul usai acara 'Harmonisasi Sunda-Jawa' yang digagas Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X. Dalam acara yang dilaksanakan di Hotel Bumi Surabaya pada Selasa (6/3), Gubernur Jatim Soekarwo dan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan sepakat mengubah nama jalan di masing masing wilayahnya.

 

Jalan Gunungsari dirubah menjadi Jalan Siliwangi, dan Jalan Dinoyo menjadi Jalan Pasundan.

 

Sedangkan Pemprov Jabar akan mengubah nama jalan di kawasan Gasibu menjadi Jalan Majapahit dan Jalan Kopo menjadi Jalan Hayam Wuruk.(Alam)

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive