BELAJAR MENJADI PEMIMPIN SEJAK USIA DINI

March 11, 2018

 

 

Sby, MercuryFM - Setiap individu dilahirkan untuk menjadi pemimpin, mulai dari lingkup yang terkecil yaitu memimpin diri sendiri sampai memimpin suatu kelompok.  Karenanya, pelatihan kepemimpinan sangat dianjurkan  selalu dilakukan untuk memupuk jiwa kepemimpinan kepada setiap individu.

 

Seperti yang dilakukan SD Muhammadiyah 15 Surabaya dengan menggelar Leadership Course (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa) Sekolah Dasar, yang diikuti ketua dan wakil ketua kelas 4-5 (kurang lebih 100 siswa) SD/MI Swasta se kecamatan Wiyung, Kota Surabaya, Sabtu,  (10/3/2018).

 

Pengawas SD/MI Surabaya Bambang Wiyono mengatakan, anak-anak sebagai calon pemimpin masa depan perlu dipersiapkan karakternya sejak dini. Sifat kejujuran dan  tanggung jawab perlu ditanamkan melalui kegiatan latihan dasar kepemimpinan. 

 

"Karena memang pemimpin masa depan itu membutuhkan karakter yang baik, agar karakter ini bisa bagus maka anak usia dasar ini perlu kita bekali. Antara lain kepemimpinan,  tanggungjawab,  kejujuran, itu yang paling penting. "tegas Bambang. 

 

Ia berharap kegiatan LDKS tidak hanya dilaksanakan di lingkungan sekolah saja,  melainkan bisa di tempat lain seperti museum atau lainnya. 

"Bekerjasama dengan lembaga yang lain, anak-anak bisa diajak ke kapal perang, meninjau alutsista,  anak-anak diajak ke museum, dan yang lain-lainnya. Banyak sekali di Kota Surabaya objek wisata, objek tempat untuk pendidikan kepemimpinan. Mungkin bisa ditambah harinya, bisa diajak ke sana sehingga wawasan anak-anak akan bertambah banyak."tambah Bambang Wiyono. 

 

Sementara itu, Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 15 Surabaya Muhammad Natsir mengatakan,  dengan memberikan materi dasar kepemimpinan diharapkan bisa mencetak generasi siswa yang tangguh, cerdas dan bertanggungjawab, serta menjadi siswa unggul dalam kepribadian dan keagamaannya.

 

"Tujuannya adalah mendidik,  memberikan pengalaman kepada mereka dari tingkat dasar sebagai bekal dalam menuju cita-cita menjadi pimpinan bangsa."kata M. Natsir.

 

M Natsir menambahkan, setelah mengikuti LDKS anak didik bisa menjadi mandiri,  jujur dan mampu meneruskan estafet kepemimpinan di masa depan.(Alam)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group