FATMAH SAIFULLAH YUSUF: TANTANGAN JAMAN, ORANGTUA DITUNTUT KUASAI KEAHLIAN UNTUK MENGASUH ANAK

March 13, 2018

 

Sby, MercuryFM - Orang tua dituntut memiliki keahlian dalam mengasuh sehingga anaknya mampu bertumbuh sebagai generasi muda yang berkualitas. Tidak bisa anak dibiarkan tumbuh besar tanpa ada bimbingan dan perhatian khusus dari orang tua, apalagi di era kemajuan teknologi yang sudah tak terbatas.

 

Anak sebagai generasi penerus bangsa perlu mendapat pendidikan dan perhatian yang serius. Baik secara mental, spiritual, sosial dan emosional. 

 

"Pendidikan ini penting, mengingat usia dini merupakan masa golden age. Dimana terjadi pembentukan dasar-dasar kepribadian yang akan menentukan kecerdasan anak di masa depan," ujar Hj Fatma Syaifullah Yusuf,  saat menghadiri acara Super Kids Coloring Competition dan Seminar Kesehatan Anak Bersama K-Link, di Surabaya, Selasa (13/03/2018)

 

Menurut istri calon Gubernur Jatim no 2 ini, Undang-Undang RI Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak telah mengatur tentang hak-hak anak. Salah satu dari hak ini,  adalah setiap anak berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran dalam rangka pengembangan pribadi dan tingkat kecerdasannya, sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki.

 

"Setiap orang tua pasti menginginkan buah hatinya tumbuh kembang dengan baik. Yakni putra dan putri yang sehat, ceria dan cerdas. Untuk itu, orang tua harus mempersiapkan masa depan anak-anaknya sejak dini. Sebenarnya anak sejak lahir telah dibekali Allah SWT dengan berbagai potensi genetis. Tapi lingkungan memberi peran sangat besar dalam pembentukan sikap, kepribadian dan pengembangan kemampuan anak," jelasnya.

 

Menjawab situasi dan kondisi saat ini, lanjut Fatma, orang tua harus tetap dituntut untuk menguasai keahlian atau ketrampilan yang senantiasa dikembangkan untuk mendidik dan mengasuh anaknya. 

 

Permasalahan lanjutnya,  muncul tatkala banyak kaum ibu yang bekerja karena tuntutan zaman dan keadaan untuk memenuhi kesejahteraan keluarga. Sehingga kesempatan untuk mengasuh anak dan berkumpul bersama keluarga menjadi berkurang.

 

"Melihat permasalahan ini, maka keberadaan lembaga swasta atau publik yang bisa dipertanggung jawabkan baik dalam segi pengasuhan, pendidikan, kesehatan, keamanan, kecerdasan dan kemandirian anak adalah suatu tuntutan," ungkapnya.

Untuk itu, wanita yang aktif dalam organisasi sosial dan wanita ini, penyelenggaraan kegiatan Super Kids Coloring Competition menjadi salah satu alternatif yang bisa dilaksanakan. 

 

"Lomba ini diharapkan dapat menumbuhkembangkan bakat dalam bidang seni mewarnai dan berbagai bidang yang berhubungan dengan hal tersebut," tuturnya.

 

Selain itu, dalam seminar tentang Tumbuh Kembang Anak dan Mencerdaskan Otak dengan Kemampuan Masa Kini, katanya, juga bermanfaat untuk orang tua.

 

"Saya berharap agar ilmu yang diperoleh para orang tua setelah mengikuti seminar ini dapat diimplementasikan dengan baik, yang akan bermuara pada putra dan putri yang sehat, kebanggaan orang tua, bangsa dan masyarakat," pungkasnya. 

 

Dalam acara yang dihadiri Pembina Ladies Beauty Club (LBC) Crown Ambassador K-Link Hj Desy Ariyanto Hidayat, dan narasumber seminar dr Arief Munandar serta ketua dan anggota LBC Surabaya dan se-Jatim ini, cukup meriah dengan kehadiran ratusan anak dan orang tua yang mendampingi anak anak mereka. (ari)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive