• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

TAHUN 2018 KEBUTUHAN GARAM IMPOR UNTUK INDUSTRI MAMIN SEBANYAK 550 RIBU TON

March 15, 2018

 Sby, MercuryFM - Tahun 2018 kebutuhan garam impor untuk bisa penuhi industri makanan dan minuman sebanyak 550.000 ton.

 

Ketua Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI) Adhy Lukman mengaku, tiap industri penganan hingga kini masih banyak yang andalkan garam impor, dan hal ini terpaksa dilakukan. Menurutnya, hanya sebagian kecil pengusaha yang berani menggunakan garam lokal, mengingat kualitas garam lokal dinilai belum memenuhi kriteria.

 

"Namun dalam pembahasan di rapat kementerian, izin impor garam oleh pemerintah diberikan sebanyak 460.000 ton dengan catatan sisanya dipenuhi dari lokal," kata Adhy Lukman saat dikonfirmasi, Kamis (15/3/2018).

 

Adhy juga menambahkan, izin impor garam sampai saat ini masih dalam pembahasan dan sedang menunggu keputusan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

 

"Izin impor ini masih belum dikeluarkan, karena masih menunggu keputusan dari KPP. Hal ini, menyebabkan beberapa industri makanan dan minuman mengalami kelangkaan stok garam," katanya.

Adhy juga mengungkapkan ada beberapa industri makanan dan minuman sudah mengalami kelangkaan stok gram dari dua minggu lalu.

 

"Nah, ada tambahan lagi yang melaporkan 2-3 minggu ke depan, stok garam di industri juga semakin menipis," tambahnya.

 

Adhy berharap pemerintah setidaknya mengeluarkan sebagian dulu jumlah garam impor yang diajukan. Sehingga, nantinya tidak menyebabkan kelangkaan garam yang bisa menghambat produksi apalagi sudah mendekati bulan puasa.

 

"Meskipun, harapan kami dalam satu tahun itu dikeluarkan langsung. Karena lebih efisien dalam pengaturan daya logistik dan bisa meningkatkan daya saing," pungkasnya.(Dani)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags