• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

PENDEKAR SILAT GRESIK SIAP MENANGKAN KHOFIFAH - EMIL

March 17, 2018

 

Sby, MercuryFM - Lestarikan budaya, calon wakil gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak ikut menghadiri pagelaran Pencak Panggung di Desa Manyar Rejo, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Jum'at (16/3/2018) malam . Pencak Panggung sendiri merupakan budaya seni bela diri asli milik Indonesia yang berkembang pesat di Gresik.

 

Kehadiran Emil calon wagub pendamping Khofifah Indar Parawansa ini, secara mengejutkan juga mendapatkan dukungan dari sejumlah pendekar silat dari kota para santri tersebut. Bahkan mereka juga mendoakan pasangan Khofifah - Emil memenangkan pilgub Jatim.

 

Safi'i salah satu tokoh masyarakat Kabupaten Gresik didampingi mantan Bupafi Gresik KH Robach Maksum, mewakili para pendekar pecak silat sekabupaten Gresik menyatakan dukungan dan akan ikut turun langsung memenangkannya di pilgub Jatim mendatang.

 

"Saya bersama para pendekar dan masyarakat gresik akan all aou memanangkan bu Khofifah mas Emil dipilgub jatim. Kami akan door to door meyakinkan masyarakat untuk meillih no 1," katanya.


 

 

Setelah menyampaikan ucapan terimakasih atas doa dan restu sejumlah tokoh, para jawara dan  warga Gresik itu, Emil menyebut Pencak Panggung merupakan  tontonan baru baginya. 

 

"Pencak panggung merupakan sebuah  sebuah seni budaya beladiri yang unik dan perlu untuk terus dilestarikan kedepannya bahkan dikenalkan di mancanegara," ujar Emil yang pernah mempromosikan kesenian Kuda Lumping hingga ke Jepang ini.

 

Emil manambahkan,  bahwa pencak  panggung ini juga sebuah tradisi beladiri yang sangat memasyarakat di Gresik. 

 

"Artinya ditaruh sebuah ring disitu masyarakat menonton dan  satu-persatu pendekar dari beberapa perguruan dipanggil untuk melakukan atraksi. Ini merupakan sesuatu yang mempunyai daya tarik dan patut untuk dilestarikan. ilmu beladiri pencak silat ini   bisa menjadi tontonan dan tuntunan. Atraksinya bisa menjadi tontonan dan juga bisa menjadi sarana membina atlet-atlet yang berprestasi," pungkasnya.

 

Dalam event ini sebanyak 15 perguruan pencak silat berlaga dalam tradisi bela diri tersebut. (Rep)

 

 

 

 

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive