• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

DAPAT DUKUNGAN BURUH TJIWI KIMIA. GUS IPUL JUGA JANJIKAN REVILTALISASI PASAR TRADISIONAL

March 19, 2018

MOJOKERTO, MercuryFM - Calon Gubernur Jatim Syaifullah Yusuf (Gus Ipul) habiskan kampanye hari ini dikawasan Mojokerto. Dengan mendatangi beberapa perusahaan berdialog dengan karyawan/buruh pabrik serta mendatangi pasar untuk berdialog dengan para pedagang dan pengunjung.

 

Di Tjiwi Kimia, Gus Ipul bertemu dengan ribuan buruh. Di pabrik yang ada di kawasan pintu masuk Mojokerto, ribuan buruh menyambut kedatangan Calon Gubernur yang berpasangan dengan Cawagub Puti Guntur Soekarno. Senin (19/03/2018).

 

Di depan buruh, Gus Ipul meminta perusahaan besar harus mampu bersinergi dengan UMKM, di antaranya untuk meningkatkan kualitas UMKM. Sebab, UMKM menjadi salah satu aspek yang signifikan mengurangi pengangguran. 

 

"Satu di antara masalah yang dihadapi Jawa Timur adalah pengangguran.  Angkatan kerja di Jawa Timur mencapai lebih dari 800 ribu orang pertahunnya," ujarnya. 

 

Kata Gus Ipul, perusahaan besar banyak membantu untuk ikut mengurangi pengangguran. Misalnya untuk PT Tjiwi Kimia ini. Yang mana bisa menyerap hingga delapan ribu tenaga kerja. 

 

Dilanjutkan Gus Ipul, meski begitu kita tak lantas akan mengandalkan perusahaan besar saja dalam menyerap tenaga kerja. Dari prosentase, perusahaan besar hanya bisa mengurangi sekitar tiga persen dari total angkatan kerja di Jatim. Sisanya, tenaga kerja di Jatim banyak diserap sektor UMKM. 

 

"Inilah pentingnya sinergitas antara UMKM dan perusahaan besar. Perusahaan besar tak perlu diganggu. Perusahaan menengah kita fasilitasi, sedangkan yang kecil kita dampingi," ulasnya. 

 

Kata Gus Ipul, langkah sinergitas yang bisa dilakukan satu di antaranya dengan memberikan pendampingan. Perusahaan besar bisa menjadi contoh dalam mengembangkan industri rumahan, mulai dari sisi permodalan, hingga manajerial. 

 

Sementara itu Gijan Ongkoredjo, Kuasa Direksi PT Tjiwi Kimia, mendukung program yang dijelaskan oleh Gus Ipul. 

 

"Kami sangat mendukung apa yang menjadi cita-cita pemerintah Provinsi ke depan. Selama ini, pemerintah provinsi telah membuktikan dukungannya terhadap industri kami. Kami siap untuk bersinergi dengan pemerintah dalam mengembangkan ekonomi demi rakyat Jatim ke depan," pungkas pria yang juga dipanggil Ongki.

Sementara itu ketika mendatangi pasar tradisonal sebelum mendatangi buruh PT Tjiwi Kimia, Gus ipul tampak akrab dengan para pedagang dan pengunjung dipasar Mbrangkal, desa Kedungmaling, Kecamatan Sooko, Mojokerto.

 

"Selamat pagi ibu. Bagaimana? Harga stabil nggeh?," tanya Gus Ipul kepada penjual bumbu. 

 

Penjual berkerudung yang ditanya Gus Ipul ini kemudian menjawab satu persatu masing-masing harga bumbu. Mulai dari harga bawang merah , bawang putih, cabai, hingga kunyit. 

 

"Bawang putih harganya Rp14 ribu Gus. Lumayan harga stabil. Gus Ipul tindak pasar harganya jadi stabil," ujar penjual bumbu di hadapan Gus Ipul.

 

Menurut Gus Ipul, di dalam program kepemimpinannya kelak, ia ingin melakukan revitalisasi pasar. Pasar nantinya harus bisa semakin ramah untuk anak. 

 

"Nantinya pasar harus bersih. Toiletnya memadai. Pembeli dan pedagang bisa sama-sama nyaman," ujarnya. 

 

Pihaknya kata Gus Ipul nantinya juga akan memberikan pendampingan kepada penjual agar bisa menyesuaikan produk yang dijual dengan kebutuhan masa kini. Serta untuk menjaga kestabilan harga, pihaknya akan bersama sama dengan pemerintah daerah dan pusat untuk memberikan regulasi yang mendukung penjual sekaligus petani. 

 

"Kita sering dengar harga komoditi tertentu naik. Namun hal ini tak bisa dilihat secara sepotong-sepotong. Sebab ini kan kebijkannya terbagi untuk pemerintah pusat, provinsi, dan daerah," pungkasnya. (ari)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive