• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

PEMILIH JOKOWI, MEGAWATI DAN PRABOWO BELUM TENTU PILIH GUS IPUL - PUTI

March 20, 2018

 

Sby,MercuryFM - Klaim pasangan Gus Ipul - Puti bahwa pemilih Presiden Jokowi, pendukung Megawati dan Prabowo solid mendukung pasangan cagub cawagub no urut 2 masih perlu di pertanyakan.

 

Pengamat politik dari Universitas Airlangga (Unair) Sukowidodo menilai dukungan Presiden Jokowi, Megawati dan Prabowo di Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018 agak sulit untuk dikonversikan kepada pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno. Kondisi itu disebabkan karena pemilih di Jawa Timur menentukan pilihannya berdasarkan personal leadership. Artinya, mereka menentukan  pilihannya karena keyakinan pada kandidat. 

 

"Pertama Pilgub pada personality bukan endorsmen pendukung. Orang cenderung pada tokoh ya langsung tidak bisa diwakilkan," katanya ketika dikonfirmasi pada Senin (19/3/2018).

 

Menurut Sukowidodo, keunggulan pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak di lembaga survei karena memang disukai pemilih. 

 

"Ketertarikan orang lebih baik kepada nomor satu daripada nomor kedua. Jika memang Khofifah Emil lebih unggul di Survei," katanya. 

 

Meski demikian lanjut Sukowidodo, posisi kedua kandidat masih punya peluang yang sama untuk menang. Pasalnya, masih ada banyak pemilih yang belum menentukan sikapnya di Pilgub Jatim. 

 

"Saya kira angkanya fifty fifty dan waktu longgar dalam mempengaruhi masyarakat pada kampanye ini., Biasanya orang butuh perubahan dan masyarakat mengalami kejenuhan dan perubahan butuh sosok baru. Hal yang baru membuat orang tertarik," tegasnya. 

 

Sukowidodo juga menyarankan, jika ingin menang, maka kedua kandidat harus berusaha keras meyakinkan pemilih, terutama Swing Votters. 

 

"Masih ada yang belum menentukan, masih ada potensi, bagaimana meyakinkan konstituen. Semakin banyak yang diyakinkan semakin baik. Biasanya yang belum menentukan pilihan orang yang cerdas, belum dapat informasi dan yang ketiga orang yang kecewa pada keadaan," pungkasnya. (ari)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive