INGIN UBAH NAMA JALAN SENDIRI, NIAT PEMKOT SURABAYA DAPAT TENTANGAN


Sby,MercuryFM - Rencana perubahan nama Jalan Gunungsari menjadi Jalan Prabu Siliwangi dan Jalan Dinoyo menjadi Jalan Pasundan terus memicu polemik. Untuk melancarkan rencana tersebut, Pemkot Surabaya akan mengubah Peraturan Daerah nomor 2 tahun 1975 khususnya pasal yang terkait perubahan nama.

Dalam pasal itu menyebutkan, kalau perubahan nama jalan ditetapkan Walikota setelah mendapat persetujuan dewan. Tapi dengan rencana perubahan Perda itu nantinya, dewan tidak diberi hak untuk menyetujui ataupun menolak perubahan nama jalan.

“Itu sama halnya Pemkot mengebiri suara wakil rakyat" tegas anggota Komisi C DPRD Kota Surabaya Vincensius Awey pada Selasa (20/3).

Awey menambahkan, nama jalan merupakan milik publik karena diawali dengan konsensus publik. Karenanya DPRD sebagai lembaga representasi publik berhak ikut menentukan.

”Ini perlu diketahui Pemkot Surabaya bahwa nama jalan bukan semata-mata diciptakan oleh negara, namun ada konsensus publik di situ" tegasnya lagi.

Awey mengatakan, DPRD Surabaya bakal melawan kalau hal itu terjadi. Sebab dewan merupakan representasi suara rakyat.

Kalau dalam pelaksanaan perubahan perda ada anggota dewan yang setuju dan tidak berbuat apa-apa, maka patut dipertanyakan keberpihaknya kepada rakyat.

”Satu orang saja yang setuju, maka patut dipertanyakan dan konstiten mereka suruh menilai sendiri" ujar Awey.

Bahkan, Politisi Partai Nasdem yang rencananya maju sebagai caleg DPR RI ini menilai, jika ada anggota dewan yang diam saja ketika hak kedewanan mereka yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) dipangkas, sama saja dia orang bodoh.

Sementara itu Kabag Hukum Pemkot Surabaya Ira Tursilawati sebelumnya mengatakan kalau Perda nomor 2 tahun 1975 itu sudah usang. Banyak nomenklatur yang akan berubah seiring dengan perubahan Perda yang sudah berusia 43 tahun itu.

"Draft soal perubahan perda itu sudah dibahas tapi belum dimasukkan ke dewan" kata Ira.(alam)


Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group