JATIM KEKURANGAN 30 RIBU TENAGA KERJA, PEMPROV MOU DENGAN UNUSA

March 24, 2018

Sby, MercuryFM - Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan Pemprov Jatim. Penandatanganan yang dilakukan Jum'at 24/03/2018 menandai kerjasama pemanfaatan dan pendayagunaan sumber daya manusia antar kedua belah pihak. Sekaligus untuk meningkatkan sumber daya manusia di lingkungan pemprov Jatim.

 

Gubernur Jatim Sukarwo mengatakan kalau banyak lowongan kerja di Jatim yang tidak terisi. Dari 309 ribu lowong kerja, 30 ribu tidak terisi. Sedangkan produksi tenaga kerja sekitar 306 ribu.

 

"Ini persoalan serius karena akan menjadi pengangguran. 840 ribu tenaga kerja masih nganggur" ujar Pak De.

 

Kondisi ini menunjukkan kalau pendidikan link and match di Jatim belum berjalan maksimal. Pak De menganggap kalau persoalan ini serius.  Karena pendapatan perkapita di Jatim sudah dalam tataran upper middle income, sedangkan yang menjadi  problem yaitu SDM dan infra struktur. 

 

"2022 kita menargetkan masuk dalam tataran propiling group. Tapi kalau SDM tidak dibenahi maka pendapatan per kapita masyarakat akan turun" lanjut Pak De.

 

Karena itu perlu memperkuat utilitas, menjalin kerjasama dengan Perguruan Tinggi untuk mencetak tenaga kerja yang terampil dan handal. 

 

Sementara itu Rektor UNUSA  Achmad Jazidie mengatakan, kerjasama dengan Pemprov Jatim membuat kolaborasi yang saling menguntungkan.

 

"Kalangan kampus dapat menggunakan sumber daya yang ada di propinsi Jatim sebagai bagian dari peningkatan kepastian ilmunya, sedangkan propinsi Jatim dapat dukungan dari sisi akademik dalam pengembagan propinsinya" ujarnya.

 

Jazidie menambahkan pengembangan SDM yang disasar diantaranya bidang kesehatan, pendidikan, ketenagakerjaan, koperasi perindustrian dan sosial.

 

Sedangkan Ketua Yarsis Mohammad Nuh yang menaungi UNUSA berharap setelah MoU ini ditindak lanjutan dengan rangkaian agenda kegiatan yang segera dieksekusi.

 

"Kami berharap kerjasama ini tidak hanya akan meningkatkan hubungan baik antara UNUSA dengan pemprov Jatim, tapi juga untuk kepentingan bersama membangyn Jatim" pungkas mantan menteri pendidikan itu. (alam)

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive