• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

ISTRI CAWAGUB EMIL DARDAK, ARUMI BACHSIN DIDAULAT JADI DUTA KREATIF WISATA DESA

March 25, 2018

 

Sby,MercuryFM - (PONOROGO) Arumi Bachsin, istri Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak,  didaulat sebagai duta untuk inisiatif-inisiatif kreatif mengembangkan desa wisata. 

 

Didaulatnya istri Bupati Trenggalek non aktif ini dilakukan di sela Glinggang Village Fest Ponorogo, festival 'Methik' panen raya yang menjadi agenda rutin tahunan Desa Glinggang, Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo, Minggu (25/03/2018)

 

Dipilihnya Arumi sebagai duta akan mampu mengangkat potensi-potensi wisata yang ada di banyak desa di Jawa Timur. Termasuk festival methik panen raya yang merupakan agenda rutin masyarakat sekitar. 

 

Pemilihan Arumi Bachsin sebagai Duta Wisata dalam festival ini juga sebagai bentuk simbol pentingnya peran generasi muda. Apalagi memasuki era digital saat ini. Desa dan kota sama-sama memiliki akses untuk tumbuh berkembang melalui pesatnya informasi dan koneksi media sosial.

 

Diharapkan pula istri cawagub yang berpasangan denga Khofifah Indar Parawansa kedepan bisa membantu membuka jaringan untuk menginformasikan betapa luar biasanya potensi-potensi desa yang ada di Jawa Timur. Melalui  ide-ide kreatif dan segar dengan balutan kemasan yang menarik.

 

 

Menurut Arumi, didepan peserta festofak mengatakan, generasi milenial saat ini harus mengenali segala potensi yang dimiliki dan harus berani mengembangkannya.

 

"Sebagai generasi muda, kita harus aktif membaca potensi dan menjadikan potensi sebagai industri kreatif, sehingga membantu perekonomian. Bahkan pemuda harus aktif dalam mempromosikan wisata Jawa Timur," tuturnya.

 

Glinggang adalah salah satu desa di wilayah Kabupaten Ponorogo, dimana di desa ini tidak memiliki SDA yang berlimpah, mayoritas warganya menggantungkan hidup dari bertani. Namun dengan keterbatasan ini tidak menyurutkan pemuda dan masyarakat Desa Glinggang untuk berinovasi.

 

Dalam berbagai keterbatasan, masyarakat Desa Glingggang menemukan formula kreatif untuk menarik wisatawan dengan membuat acara yang berasal dari jati diri dan budaya desa setempat. Salah satunya adalah perayaan budaya "Methik". 

 

Methik sendiri merupakan salah satu simbol perwujudan rasa syukur masyarakat terhadap nikmat yang diberikan Tuhan atas panen yg berlimpah.

 

Perayaan methik ini lalu dikemas oleh pemuda dan masyarakat Glinggang sebagai wadah, ruang dan sarana  menginformasikan segala potensi desa dalam balutan "Glinggang Village Festival" yang diselenggarakan satu hari penuh mulai pagi hari hingga malam.

 

Perayaan ini tidak hanya dimeriahkan oleh masyarakat lokal namun juga seniman-seniman dari mancanegara juga ikut ambil bagian dalam perayaan ini. 

 

Beberapa seniman manca diantaranya Christian Meija (musician dan body percussion artist) dari Kostarika, Silvia larraury dari Spanyol, Malena (dancer) dari Argentina dan masih banyak yang lainnya. Dari beberapa talenta ini berkolaborasi bersama saka galery guna memeriahkan festival tersebut. (ari)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive