• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

CCTV di ATM TERINTEGRASI COMMAND CENTRE POLDA JATIM, TIDAK ADA LAGI KEJAHATAN SKIMMING

March 27, 2018

 

Sby, MercuryFM - Polda Jawa Timur mengusulkan pengamanan terintegrasi dari masing-masing ATM ke command center, untuk mengantisipasi kejahatan skimming di beberapa ATM. Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera saat melakukan phone interview dengan radio Mercury Surabaya mengatakan, perlunya pengamanan eksternal dari perbankan itu sendiri. Setiap ATM di Jatim diusulkan terintegrasi untuk diawasi secara panic bottom. "Pengamanan dilakukan dengan memonitor lewat CCTV. CCTV yang terpasang di ATM di seluruh Jatim bisa dikoneksikan dan integrasikan ke command centre" jelasnya.  Terkoneksinya CCTV di command centre jika ada suatu kejadian mencurigakan akan bisa cepat tertangani pihak kepolisian atau Polsek terdekat dengan lokasi ATM.

Kombes Frans Barung mengatakan usulan ini sudah disampaikan pada BI dan OJK. Apakah usulan ini diterima tergantung dari penentu kebijakan. Frans menyebut apabila usulan ini diterapkan kejahatan skimming tidak akan ada lagi. "Tidak ada lagi pelaku kejahatan yang berani meletakkan sesuatu di mesin ATM, bahasa tubuh orang yang akan melakukan transaksi mengambil uang berbeda dengan orang yang akan berbuat jahat di dalam ATM," kata Frans.

Masyarakat diminta sebelum masuk ATM memastikan apakah ATM tersebut sudah dilengkapi CCTV atau tidak. Karena setiap pergerakan akan terekam dalam CCTV. Saat melakukan transaksi di ATM ada orang mengantri dibelakang kita, usahakan saat memencet nomor PIN tutuplah dengan tangan.  Sering-seringlah mengganti nomer PIN secara berkala agar pelaku skimming kesulitan melacak atau memperkirakan nomor PIN yang sudah direncanakan.

 

Kombes Frans Barung menegaskan, agar saat masuk ATM jadilah polisi untuk diri sendiri. "Jangan lakukan sesuatu yang memancing tindak kejahatan, misalnya memakai perhiasan yang mencolok, atau saat keluar dari ATM uang dikebas-kebaskan," tegasnya. Saat melihat lubang ATM mencurigakan jangan mengambil uang disitu. "Jangan pilih ATM yang tidak cukup penerangan, tidak ada penjagaan ataupun terpencil," pungkasnya. (nt)

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags