DAYA BELI MENURUN, PERITEL TAHAN DIRI UNTUK TIDAK EKSPANSI


Sby, MercuryFM - Meskipun pembukaan ritel - ritel baru tidak segencar dan seagresif tahun -tahun sebelumnya. Namun tidak membuat para pelaku ritel panik, kebanyakan para pelaku industri ritel mulai menahan diri untuk melakukan ekspansi.

"Tahun ini kami hanya buka 100 store baru. Padahal di tahun-tahun sebelumnya kami bisa buka 300-400 store baru," kata Regional Corporate Communication Manager Alfamidi, Arif L. Nursandi di Surabaya, Selasa (27/3/2018).

Arif menjelaskan saat ini untuk membuka 100 store dibutuhkan setidaknya Rp 500 Miliar.

Dari jumlah tersebut, di Jatim hanya akan dibuka 5-10 store saja. Di Jatim, daerah yang masih potensial untuk dibuka store baru diantaranya Gresik dan Pasuruan.

Store baru yang akan dibuka masih didominasi di wilayah Jabodetabek‎. "Sekitar 40 persennya ada di Jabodetabek," ujarnya. Sedangkan lainnya ada di Sulawesi seperti Palu.

Ia mengaku untuk membuka store baru, pihaknya memang lebih berhati-hati untuk membuka store baru. Selain adanya aturan daerah yang berbeda-beda, penurunan daya beli juga menjadi pertimbangan.

‎Selama tahun 2017, Alfamidi mencatatkan pendapatan sebesar Rp 9,76 Triliun. Naik 15 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Namun, dari sisi laba justru menunjukkan penurunan cukup signifikan, hingga 47,5 persen hanya Rp 102,80 Miliar. ‎Penurunan laba utamanya dikarenakan adanya peningkatan biaya seperti listrik dan distribusi akibat kenaikan harga BBM.

‎Ditanya mengenai target sales tahun ini, Andi mengatakan pihaknya tidak menargetkan peningkatan yang terlalu tinggi. "Minimal sama seperti pertumbuhan tahun lalu, sekitar 15 persen," tegasnya.

Untuk mendorong laba agar tidak kembali drop seperti tahun lalu, Alfamidi akan melakukan efisiensi seperti misalnya menekan distribusi dengan memilih daerah-daerah yang biaya distribusinya rendah.(Dani)


Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group