DEWAN JATIM INSIASI RAPERDA PEELINDUNGAN DAN PENCEGAHAN HIV/AIDS

March 27, 2018

 

 

Sby, MercuryFM -  Masih tingginya angka penderita serta gun menekan jumlah angka korban penderita HIV Aids di Jatim. Komisi E DPRD Jatim berinisiatif usulkan dan lakukan pembahasan Rancangan peraturan Daerah (Raperda) tentang perlindungan dan pencegahan HIV/AIDS.

 

 

"Kita hari ini sudah mulai lakukan pembahasan Raperda HIV/AIDS. Ini menjadi inisiasi dan taget komisi E untuk segera terwujud. Karena kita prihatin melihat jumlah penderita AIDS di Indonesia yang terbesar berada di Jatim," ujar Hartoyo Ketua Komisi E DPRD Jatim, setelah menggelar hearing pembahasan raperda tersebut di ruang rapat Komisi E DPRD Jatim, yang dihadiri juga Dinkes Jatim dan beberapa pakar kesehatan jatim, Selasa (27/03/2018).

 

 

Menurut poltisi Partai Demokrat ini, dalam Raperda HIV/AIDS salah satu poin yang dibahas yakni, mewajibkan pemeriksaan intensif bagi orang asing atau TKI yang baru pulang dari luar negeri untuk menjalani pemeriksaan AIDS.

 

"Kita target penyelesaian perda tersebut selama dua bulan. Karena saat ini arus tenaga kerja asing masuk ke Jatim semakin meningkat,"ujarnya.

 

Sementara itu Wakil Ketua Komisi E, Suli Daim mengatakan dalam perda HIV/AIDS ini nanti juga akan dimasukan soal tes HIV/AIDS bagi Calon Suami atau Istri sebelum melangsukan pernikahan. 

 

 "Masalah tes tersebut tidak wajib, Tapi tes tersebut bisa dilakukan kalau ada  pasangan mengajukan,"ujarnya

 

Suli yang juga Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini menambahkan, bahwa raperda ini penting dibahas mengingat Jatim terbesar dengan jumlah pasien HIV/AIDS. Bahkan data per hari dari rumah Sakit Dr. Soetomo jumlah ibu yang akan melahirkan terkena HIV/ AIDS mencapai 80  orang.  

 

"Kita optimis perda ini bisa menjadi pagar untuk menekan angka pengidap HIV/AIDS. Sehingga angka penderita HIV/AIDS di Jatim bisa ditekan," pungkasnya.(ari)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive