GUS IPUL DUKUNG PEMBANGUNAN RS NU DI SUMENEP

March 27, 2018

 

 

Sby,MercuryFM - (SUMENEP) Calon Gubernur Jatim Syaifullah Yusuf (Gus Ipul) mendukung rencana NU yang akan mendirikan Rumah Sakit di kawasan Sumenep Madura. Keberadaan RS NU nanti akan semakin memberikan palayanan kesehatan yang maksimal kepada masyarakat khusunya di Sumenep Madura.

 

 "Kita sudah melihat banyak Rumah Sakit NU yang cukup bagus. Yang ini perlu dikembangkan terus. Di Sumenep akan kami dorong agar rumah sakit NU segera berdiri," kata Syaifullah Yusuf Gus Ipul disela kedatangannya ke makam Asta Tinggi Sumenep Madura, Selasa (27/03/2018).

 

Menurut Wakil Gubernur Jatim non aktif ini, keikutsertaan swasta merupakan kolaborasi yang cukup baik dalam memberikan pelayanan khususnya kesehatan di masyarakat. Pemerintah dibantu oleh swasta akan memberikan pelayanan dengan lebih cepat dan lebih baik kepada masyarakat. 

 

"Intinya, kami tak ingin ada pasien yang ditolak oleh rumah sakit manapun atau pun puskesmas. Meskipun pasien itu miskin, yang penting dilayani dulu, baru surat keterangannnya menyusul. Misalnya saat diproses tidak ada yang membayar, baru pemerintah provinsi yang akan mengganti biaya pengobatannya. Itu komitmen saya," jelasnya.

 

Pasangan cawagub Puti Guntur Soekarno ini juga mengatakan, di Madura persoalan pelayanan kesehatan menjadi salah satu program yang akan dilakukan nantinya. 

 

Terkait pelayanan kesehatan tersebut, pihaknya lanjut Gus Ipul, pemerintah provinsi bekerja sama dengan pemerintah kabupaten atau kota membangun pelayanan kesehatan yang terstruktur mulai tingkat desa. Dimulai dari Posyandu, Ponkesdes, Puskesmas Pembantu, Puskesmas, hingga rumah sakit. 

 

Dari struktur tersebut, pemerintah kedepan merencanakan akan membangun filial (pelayanan jauh) dari RSUD Dr Soetomo.

Tujuannya, masyarakat dengan penyakit berat tidak harus dirawat di RSUD Dr Soetomo melainkan cukup di daerah. 

 

"Jadi warga Madura yang memerlukan perawatan tertentu tidak perlu datang ke Surabaya. Sebab, di Madura akan dibangun filialnya RSUD Dr Soetomo. Di Pamekasan sudah ada rintisannya. Inilah yang nantinya harus diperkuat," tegasnya.

 

 

Sementara itu ketika berada di makam Asta Tinggi, makam raja-raja, pembesar dan tokoh di Sumenep. Gus Ipul tampak khusuk memenjatkan doa di makam para raja Sumenep tersebut. Bahkan di makam tersebut, dengan santai Gus Ipul membaur dan dialog bersama masyarakat yang sedang ziarah serta 12 juru kunci makan Asta Tinggi.

 

Menurut Gus Ipul, Asta Tinggi merupakan salah satu destinasi wisata bersejarah yang diminati wisatawan nusantara, dan sebagaian wisatawan mancanegara. 

 

"Saya dan Mbak Puti melalui program Seribu Desa Wisata (Seribu Dewi), berkomitmen mendorong munculnya desa wisata seperti di Asta Tinggi ini,"  jelasnya.

 

Dalam program ini, Gus Ipul bakal menyediakan pelatihan kelompok sadar wisata (pokdarwis) dan pendampingan. Sehingga tidak hanya menarik wisatawan lokal saja. Tapi juga akan mampu merealisasikan kunjungan wisatawan mancanegara ke Jawa Timur hingga 1 juta kunjungan.

 

Dalam sehari melakukan kampanye menyapa masyarakat Sumenep, Gus Ipul juga mendatangi beberapa pasar yang ada di Kabupaten Sumenep. Dialog dan membaur serta komitmen revitalisasi pasar tradisional untuk siap bersaing dengan pasar modern juga diucapkannya didepan para pedagang pasar.(ari)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group