TERGIUR UPAH Rp40JUTA TKW NEKAT SELUNDUPKAN SABU DARI MALAYSIA

Sby, MercuryFM - Tidak kurang dari sepekan, kantor Bea dan Cukai Juanda menggagalkan 2 upaya penyelundupan narkotika jenis sabu-sabu dari Malaysia melalui Bandara Internasional Juanda.

Satu diantara upaya penyelundupan itu dilakukan tenaga kerja wanita pada Jum'at 16/03/2018. Aparat gabungan Bea Cukai Juanda dan Lanudal menangkap tersangka berinisial S, setelah wanita berumur 36 tahun itu turun dari pesawat Air Asia rute penerbagan Kuala Lumpur-Surabaya.

Petugas mencurigai rice cooker yang dibawa tersangka dengan melakukan pemeriksaan lebih teliti diruang pemeriksaan.

"Tersangka awalnya mengaku kalau rice cooker itu titipan temannya yang berisi bawang putih. Saat dilakukab pemeriksaan ternyata ada sabu-sabu yang diselipkan" ujar Kepala Bea Cukai Juanda Budi Harjanto saat konferensi pers Selasa 27/03/2018.

Budi juga mengatakan kalau tersangka nekat melakukan kegiatan ilegal ini karena tergiur upah Rp 40 Juta yang akan diterimanya kalau berhasil menyelundupan sabu-sabu seberat 925 gram itu.

Sementara itu 2 hari sebelumnya pada Senin 12/03/2018 sekitar jam 15.45 WIB aparat menangkap laki-laki berusia 26 tahun berinisial P laki-laki warga negara Indonesia karena kedapatan akan menyelundupkan sabu-sabu. Setelah turun dari pesawat Air Asia dengan rute penerbangan Kuala Lumpur-Surabaya.

Modus operasi yang dilakukan tersangka ini sudah berulangkali dilakukan oleh pelaku lainnya, yaitu menyimpan dalam dubur.

"Kita turut prihatin, masih saja ada pelaku yang mencoba menyelundupkan melalui anus" lanjut Budi Harjanto.

Budi menambahkan sabu-sabu seberat 137 gram ini dikemas dalam karet yang terbagi dua. Dengan dibantu oleh si penyuruh sabu-sabu itu dimasukkan kedalam anus, sebelum tersangka berangkat ke Surabaya.

"Kami sudah curiga dengan propiling tersangka. Lalu pemeriksaan lebih teliti kita lakukan di rumah sakit dengan rongent dan diketahui ada barang aneh didalam tubuh tersangka" kata Budi

Barang yang dikeluarkan dari tubuh tersangka itu setelah diperiksa ternyata sabu-sabu.

Penggagalan penyelendupan sabu-sabu ini menjadi yang ke lima dan ke enam selama tahun 2018. Baik itu dalam jumlah kecil maupun besar. Yang sebagian besar barang kiriman dari Malaysia.(alam)


Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group