DIBONDOWOSO PUTI TERPESONA ENAKNYA TAPE DAN SENI PENCAK SILAT

March 30, 2018

 

 

BONDOWOSO, MercuryFM - Calon wakil GubernurJatim Puti Guntur berkomitmen akan mengembangkan UMKM yang ada di jatim termasuk tape Bondowoso prodak UMKM yang cukup banyak dikenal. 

 

“Ini memang tugas pemerintah daerah untuk tidak henti mendorong kemajuan UMKM dengan berbagai cara. Karena UMKM ini bisa mudah dilakukan rakyat kebanyakan,” kata Puti Guntur Soekarno disela melihat produksi Tape Bondowoso disalah satu UMKM produksi tape Bondowoso "Raja Tape 31' yang ada di kawasan Kecamatan Nagkaan Kabupaten Bondowoso, Kamis (29/03/2018).

 

Puti mencontohkan, Walikota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) sebagai contoh kepala daerah yang gigih dan ulet dalam membina UMKM. 

 

“Bu Risma punya program Pahlawan Ekonomi, yang sudah menghasilkan banyak pelaku UMKM sukses. Tidak ada anggaran APBD, tapi melibatkan banyak pelaku usaha besar untuk membantu, memfasilitasi dan mendampingi,” kata Puti.

 

Untuk itu kata Puti, dirinya dan Gus Ipul sudah menyiapkan program untul pengembangan UMKM kedepannya nanti yakni masuk dalam program Superstar.

 

"Dengan program ini maka kedepan akan mendorong UMKM bisa menjadi industri unggulan di Jawa Timur, termasuk di Bondowoso ini,” ujarnya.

 

Sementara itu dalam kedatangannya ke sentra UMKM pembuatan tape, putiyang didampingi ketua DPC PDI Perjuangan Bondowoso yang juga Cawabup Bondowoso Irwan Bachtiar Rachmat, cukup terkesan dengan rasa tape bondowoso.

 

Puti disambut Winda Prayoga, pemilik usaha. kemudian menunjukkan hasil olahan tape yang sudah masak. Dalam satu hari, rumahnya bisa menghasilkan 1.000 besek, karena tape itu dimasukkan dalam kotak yang terbuat dari anyaman bambu, disebut “besek”, dan dilapisi daun pisang.

 

 

Sementara itu selain mendatangi dan mencicipi tape Bondowoso, Cakon Wakil Guberbur yang di usung PKB, PDI Perjuangan, Gerindra dan PKS ini juga terpesona dengan atraksi seni bela duri pencak silat, yang ditunjukkan santri pondok pesantren Nurul Kholil Bondowosi, ketika didatangi Puti Guntur Soekarno.

 

Menurut Puti yang kedatangannya di ponpes Nurul Kholil, disambut langsung pemangju pondok KH Ubaidillah Nur Cholil, mengatakan Pencak silat, adalah bela diri yang khas Nusantara. Setiap daerah, biasanya memiliki ciri khas sendiri. 

 

“Daerah-daerah Jawa Timur, pasti banyak aliran silatnya. Ada pula yang mengolah tidak sekedar bela diri, tetapi juga menjadi seni pertunjukan,” kata Puti.

 

Kata Puti, dirinya semakin mengagumi Jawa Timur, yang punya ragam seni kebudayaan. Salah satunya, yang diwariskan di pondok-pondok pesantren. Ada kesenian hadrah, sholawat dan pencak silat.

 

“Sebagai warisan leluhur, pencak silat harus dipertahankan dan dikembangkan. Pencak silat juga memberikan filosofi diri yang dididik untuk welas asih, berwatak ksatria, jujur dan solider satu sama lain,” pungkasnya. (ari)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group