• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

PRODUK TEH INDONESIA SEMAKIN DIMINATI MASYARAKAT DUNIA

April 2, 2018

 Jakarta, MercuryFM - Industri teh di Indonesia berpotensi masih tumbuh lantaran kecenderungan pola konsumsi masyarakat dunia, khususnya menengah ke atas, meningkat seiring perbaikan pertumbuhan ekonomi global.

 

Data Kementerian Perdagangan ( Kemendag) menyebut, ekspor teh Indonesia ke dunia tahun 2017 sebesar 117,96 juta dollar AS, atau meningkat 1,04 persen dibanding tahun 2016 yang sebesar 116,75 juta dollar AS.

 

Selama periode tahun 2012–2016, nilai ekspor teh Indonesia turun dengan tren sebesar 8,08 persen. Beberapa penyebabnya adalah penurunan daya beli masyarakat global dan tren penyusutan areal perkebunan teh nasional akibat konversi lahan.

 

Di tahun 2016, Indonesia menduduki peringkat ke-14 negara eksportir teh dunia dengan pangsa pasar 1,38 persen dari total ekspor teh dunia. Dengan kapasitas produksi sekitar 150.000 ton per tahun pada 2016, pasar teh Indonesia berpotensi untuk terus dikembangkan.

 

Direktur Pengembangan Produk Ekspor Kemendag Ari Satria mengatakan, setiap tahun, Indonesia mengekspor sekitar 50.000-70.000 ton teh ke seluruh dunia. Dia mengatakan, target yang Kemendag harapkan adalah adanya peningkatan pada grafik ekspor teh Indonesia yang meski pun perlahan tapi pasti.

 

Menurut dia, di pasar ekspor, Indonesia memiliki teh berkualitas baik dan aroma khas yang disukai oleh masyarakat global. "Oleh sebab itu, untuk lebih memanfaatkan potensi pasar ekspor teh Indonesia, para pelaku usaha harus mampu mempersiapkan manajemen yang efektif untuk penciptaan nilai tambah hingga inovasi produk,” katanya beberapa waktu lalu.(Dani)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us