TERAPKAN SISTEM OIS, PT PJB DORONG PRODUKSI PADI ORGANIK

April 4, 2018

 

Sby! MercuryFM - PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) mendorong produksi padi organik dalam program Program Organic Integrated System (OIS) yang diterapkan di Desa Kotaanyar, Kecematan Kotaanyar, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Direktur Utama PT PJB Iwan Agung Firstantara mengatakan penerapan program itu telah berhasil meningkatkan produksi padi organik."Program yang kami gagas mampu meningkatkan produksi padi organik dari 7 ton per hektar menjadi 11 ton selama dua periode dengan sistem game plot," kata Agung Firstantara di Surabaya, Rabu(4/4/2018).

Agung menjelaskan pada periode pertama mampu meningkatkan produksi padi organik dari 7 ton per hektar menjadi 9 ton per hektar di tahun 2015. Sedangkan periode kedua tahun 2018 mampu memproduksi padi hingga 11 ton per hektar.

"Ini komitmen kami (Pembangkitan Paiton Unit 1, 2 dan 9) mendorong produksi padi secara sustainable," kata Iwan di sela panen raya di Desa Kotaanyar.

Ditegaskan Agung  program ini juga telah diterapkan dengan cara game plot sejak 2014 dan diterapkan secara real di area persawahan setahun kemudian. 

"Tentunya program ini untuk mendukung ketahanan pangan nasional yang disusun pemerintah pusat. Alhamdulillah, petani juga merespon program tersebut,” jelasnya.

Ia mengatakan added value padi organik ini cukup banyak. Setidaknya ada enam manfaat dari produksi padi dengan sistem OIS ini.

"Pertama lebih siap, karena menggunakan sampah organik. Lebih murah, karena tidak menggunakan pupuk kimia. Ketiga produksi lebih banyak, padi organik lebih sehat dan terakhir harga beras lebih mahal,” urainya.

Selain melakukan pendampingan terhadap gabungan kelompok tani (Gapoktan) di Desa Kotaanyar, PJB juga memberikan bantuan satu unit mesin perontok padi.

Kehadiran mesin ini sanggup menekan losing hingga 3 persen, dibanding cara manual. Iwan menerangkan dana CSR yang dialokasikan di sekitar Pembangkitan Unit Paiton sebesar Rp2 miliar, dari total Rp40 miliar untuk tahun 2018 ini.

Kepala Desa Kotaanyar Supriatin mengaku gembira dengan peningkatan produksi padi di desanya. "Ke depan akan kita bangun lumbung padi sebagai sarana pendukung agar produksi berkelanjutan," pungkasnya.(Dani)

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group