TUNJUNGAN AKAN JADI KAWASAN CAGAR BUDAYA

April 13, 2018

 

Sby, MercuryFM - Pembahasan Raperda Rencana Detil Tata Ruang dan Kota (RDTRK) memasuki materi soal zona (kawasan) dan rencana tata bangunan dan lingkungan (RTPL).

Ketua Komisi pansus Raperda Rencana Detil Tata Ruang dan Kota (RDTRK)  Saifudin Zuhri mengatakan bahwa pembahasan sudah masuk dalam materi zona, tapi hanya menyangkut soal kawasannya, tidak menyangkut soal detil persil di kawasan tersebut.

“Ada beberapa zona, tapi salah satu adalah soal kawasan di Ampel, bagaimana peradaban, kondisi dan lingkungannya dulu, sehingga ini merupakan bentuk konsistensi Pemkot Surabaya dalam menjaga eksistensi sejarah, makanya kami butuhkan pendapat dari para ahli,” ucapnya. Rabu (11/4/2018)

Lebih lanjut politisi PDIP yang akrab disapa   Ipuk ini mengatakan nantinya tata kota di Surabaya mengacu pada aturan zona (kawasan), yang secara rinci dituangkan dalam RDTRK. Sehingga semua pihak bisa mengetahui, seperti apa dan bagaimana pernak-perniknya.

Sementara itu  Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang Ery Cahyadi (Kadis Perkim dan CKTR),  Ery Cahyadi mengatakan, bahwa zona itu diantaranata untuk kawasan cagar budaya.  Tunjungan misalnya, yang meliputi jl Tunjungan dan Jl Darmo, ada zona sosial budaya di kawasan Ampel.

“Jadi bagaimana bentuk bangunannya, kawasannya harus seperti apa, itu akan diatur dalam Perda RDTRK ini, seperti untuk kawasan Ampel yang kita masukkan dalam zona cagar budaya, sehingga kedepannya harus ditindaklanjuti dengan rencana tata bangunan dan lingkungan (RTPL),” terangnya.

Khusus untuk Tunjungan, lanjut Ery, bangunan-bangunan disitu akan kita kembalikan seperti jaman dulu (sebelumnya), oleh karenanya kita akan memanggil para ahlinya untuk dimintai pendapatnya.

“Zona cagar budaya itu zona pertampalan (zona tempel), artinya warna apapun di zina itu, bisa saja menjadi zona budaya, yang artinya jika ada rencana renovasi atau pembangunan baru harus mengacu kepada aturan yang menempel tersebut,” pungkasnya.(alam)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group