• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

9000 NAPI DI JATIM TERANCAM TIDAK BISA MEMILIH

April 19, 2018

 

Sby,MercuryFM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim bersama Komisi Nasional Hak Azasi Manusia (Komnas HAM) mendeklarasikan Pilkada Damai Yang Ramah HAM di kantor KPU Jatim pada Kamis 19/04/2018.

Usai deklarasi itu, Komisioner Komnas HAM Mohammad Choirul Anam mengungkapkan, kalau ada 9000 narapidana di Jatim yang terancam tidak bisa menggunakan hak pilihnya. Temuan itu didapatkannya setelah melakukan kunjungan ke sejumlah LP dan Lapas.

Para napi yang terancam tidak bisa memilih itu, karena datanya hanya nama dan alamat. NIK dan KTP tidak diketahui. Mereka tidak membawa KTP elektronik atau surat keterangan.

"9000 orang itu punya potensi susah menggunakan hak pilih karena aturan yang belum menjangkau persoalan mereka" ujar Choirul Anam.

Komnas HAM mendesak kepada pemerintah supaya nanti bisa membuat regulasi terkait persoalan itu. Sehingga kelompok rentan bisa menggunakan hak pilihnya.

Selain persoalan itu, Komnas HAM juga menyoroti  hak-hak para penyandang disabilitas.

"Kami menemukan kekurangan template khusus untuk penyandang tuna netra di beberapa daerah meski itu tidak banyak" lanjut Choirul Anam.

Pemurnian suara juga menjadi perhatian Komnas HAM. Ditambah lagi kampanye yang mengandung unsur kebencian.

"Ini jadi tanggung jawab kita bersama agar pilkada Jatim jadi contoh tempat lain. Dulu sudah bagus sekarang ditambahi bermartabat" tegasnya.

Sementara itu Mohammad Arbayanto Komisioner KPU Jatim mengatakan, solusi yang disiapkan KPU Jatim untuk persoalan ini, dengan menyiapkan TPS khusus dan kebijakan pindah pilih.

Sedangkan soal disabilitas, Arbayanto mengatakan kalau persoalan itu jadi prioritas untuk ditangani.

"Kalau terbukti ada kesalahan pelayanan bisa dipersoalkan secara etika penyelenggara. Misalnya dengan adanya transletter" ujarnya

Arbayanto menambahkan PPK dan PPS harus mengawasi pendirian TPS yg ramah bagi disabilitas.

"Soal template bagi tuna netra dipastikan spesifikasi pembuatannya, agar tidak menjadi kendala bagi penyandang tuna netra" pungkas Arbayanto.(Alam)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us