• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

30 JUTA PENDUDUK JATIM PUNYA HAK SUARA DI PILGUB

April 20, 2018

 

Sby,MercuryFM - Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) melaksanakan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) Tahun 2018. Rangkaian rapat pleno digelar di aula lantai II kantor KPU Jatim, pada Jumat 20/04/2018.

Rapat Pleno dihadiri oleh Ketua KPU Jatim Eko Sasmito, Anggota KPU Jatim Gogot Cahyo Baskoro, Choirul Anam dan Muhammad Arbayanto. Komisioner Bawaslu Jatim, Aang Kunaifi. Ditambah peserta  Ketua dan Divisi Perencanaan dan Data dari 38 KPU Kabupaten/ Kota, serta Tim Pemenangan dari kedua paslon.

Komisioner Divisi Perencanaan dan Data KPU Jatim, Choirul Anam mengatakan, hasil rekapitulasi dan penetapan DPT Pilgub Jatim sebanyak 30.155.719 orang

"Terdiri dari 14.840.367 juta pemilih laki-laki dan 15.315.352 juta perempuan" ujarnya.

Sedangkan TPS yang bakal berdiri nantinya sebanyak 67.644 TPS. Yang tersebar di 8.497 kelurahan dan desa, serta di 666 kecamatan.

Anam kembali mengatakan, draf rekapitulasi daftar pemilih tetap jumlah DPT dan TPS di Provinsi Jawa Timur turun jumlahnya bila dibandingkan dengan Pemilu 2014 yang lalu.

Salah satu penyebabnya karena ada data penduduk yang sudah meninggal dunia.

“Selain itu juga ada yang belum ber-KTP Elektronik dan ada juga pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS) sehingga mengalami penurunan,” lanjutnya.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Jatim, Aang Kunaifi juga membenarkan jumlah DPT untuk Pilgub Jatim 2018 mengalami penurunan. Terkait masalah tersebut, masyarakat yang belum memenuhi syarat seperti yang belum mempunyai e-KTP akan diusahakan tetap memiliki dan menggunakan hak pilihnya.

“Sampai dengan masa pencoblosan nanti, bagi yang belum juga bisa dibantu dengan menggunakan surat suara tambahan,” pungkasnya.(Alam)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags