• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

DARURAT MIRAS, PERDA MIHOL DI SURABAYA AKAN ABAIKAN KEBERATAN GUBERNUR

April 24, 2018

Sby, MercuryFM - Komisi B DPRD Kota Surabaya menggelar hearing menyikapi kasus peredaran minuman beralkohol pasca tewasnya 3 warga akibat mengkonsumsi miras oplosan. Hearing yang dilakukan pada Selasa 24/04/2018 itu dihadiri oleh Polrest Tanjung Perak, Satpol PP Kota Surabaya, Disperindag Kota Surabaya dan Bagian Hukum Pemkot Surabaya.

Ketua Komisi B DPRD Kota Surabaya Mazlan Mansyur menegaskan, Komisi B mendesak supaya Perda nomor  no 6 tahun 2016  yang sudah di sah kan lewat sidang paripurna segera diundangkan.

"Kita perlu mereview lagi keberadaan perda no 6 tahun 2016 yang melarang badan usaha atau perseorangan meracik, membuat, menjual mengedarkan bahkan mengkonsumsi" ujarnya.

Mazlan menjelaskan, Perda itu belum juga diterapkan, karena terkendala surat Gubernur Jatim pada bulan Juli 2016. Yang tidak sepakat dengan pelarangan, melainkan pembatasan. Sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag)

Politisi PKB itu menambahkan, tidak tepat kalau Gubernur ingin merevisi Perda itu, karena sudah disepakati antara DPRD Kota Surabaya dan Pemkot Surabaya.

"Apabila ada pihak yang berkeberatan maka silahkan melalui mekanisme yg diatur permendagri no 80 tahun 2015, dengan mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi" tegasnya.

Komisi B menargetkan Perda Minuman Beralkohol (mihol) segera diundangkan pada tahun ini.

"Tinggal pemkot mengundangkan saja. Kita tidak ingin ada korban lagi"lanjut Mazlan.

Sementara itu Kepala Bagian Hukum Pemkot Surabaya Ira Tursilawati usai hearing mengatakan, kalau kesepakatan itu akan disampaikan ke Walikota. Tapi sebelumnya pihaknya akan membalas surat dari Gubernur Jatim.

"Kalau walikota setuju maka segera kita terapkan" pungkas Ira.(Alam)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags