NPL KUR KECIL BUKTI PELAKU UMKM TAAT BAYAR KREDIT


Jakarta, MercuryFM - Sampai dengan kuartal I–2018 penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) mencapai Rp 32,3 triliun. Perolehan ini sudah mencapai 27,6% dari target penyaluran KUR hingga akhir tahun 2018 sebesar Rp 116,6 triliun.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan di Kementerian Koordinator bidang Perekonomian (Kemko Ekonomi), Iskandar Simorangkir mengatakan, penurunan suku bunga KUR dari 9% menjadi 7% mendorong permintaan KUR di awal tahun ini.

Kinerja di permulaan tahun ini pun dia klaim lebih baik ketimbang tahun 2017 lalu. "Tahun lalu, untuk periode yang sama, realisasinya 16% dari target," kata Iskandar, seperti yang dikutip dalam keterangan persnya, Selasa (24/4/2018).

Penyaluran kredit rakyat ini masih didominasi skema KUR Mikro sebesar 63,8%, diikuti dengan skema KUR Kecil 35,9% dan KUR TKI 0,2%.

Kemko Ekonomi mencatat, rasio kredit KUR atau non-performing loan (NPL) 0%. Menurut dia, kinerja ini memperlihatkan pemerataan akses pembiayaan untuk usaha kecil.

Secara nominal, KUR mikro tersalurkan Rp 20,7 triliun, KUR kecil Rp 11,6 triliun dan KUR TKI sebesar Rp 73,9 trilun. Adapun, jumlah debitur yang menerima penyaluran di kuartal I mencapai 1,2 juta penerima.(Dani)


Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group