• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

MESKI JUMLAHNYA TURUN, DINKES JATIM TETAP WASPADAI DB DI MUSIM PANCAROBA

April 26, 2018

 

 

Sby, MercuryFM - Data Dinas Kesehatan Propinsi Jatim menyebutkan, kalau kasus penyakit Demam Berdarah di Jatim terus menurun jumlahnya. Trend menurunnya kasus Demam Berdarah (DB) dimulai pada tahun 2013 sampai bulan Maret 2018. Data itu mencatat penurunan signifikan terjadi di tahun 2015 dari hampir 5000 kasus menjadi 842 kasus. Sedangkan di tahun 2018 dari 963 kasus pada Januari, menjadi 308 di bulan Maret.

Menurunnya jumlah kasus DB berdasarkan data Dinkes Jatim  juga selaras dengan data World Health Organisation (WHO) yang menyebutkan kalau trend kasus penyakit menular di Indonesia turun sebanyak 36 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Jatim dr. Kohar Hari Santoso mengatakan turunnya jumlah kasus penyakit menular itu seiring dengan semakin baiknya sanitasi di masyarakat. Karena daerah kumuh dan miskin semakin berkurang.

"Sedangkan untuk kasus DB karena maraknya Bupati dan Walikota melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di wilayahnya" ujarnya.

Selain itu gerakan pemantau jentik lewat Jumantik yang bekerja efektif, juga menjadi penyebabnya turunnya kasus DB di Jatim.

"Sekarang relatif sudah turun tapi jangan lengah" ujar Kohar mengingatkan.

Kohar menambahkan DB itu disebabkan oleh virus yang dibawa nyamuk. Karena itu pembawaannya yang harus dimusnahkan.

"Kuras bak mandi secara teratur, kalau ada barang yg tidak dipakai kubur atau bakar. Bila ada yang sakit segera diperiksakan untuk dilakukan pengobatan supaya tidak menulari yang lain" tegasnya.

Dibutuhkan peran aktif dari masyarakat untuk mengatasi kasus Demam berdarah.

"Mengandalkan tenaga kesehatan saja tidak cukup" lanjut Kohar.

Kohar menjelaskan, dibeberapa daerah sampai melibatkan pekerja kantoran untuk menjadi jumantik di tempatnya bekerja.(alam)

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us