• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

PENDIDIKAN GRATIS JANGAN HANYA JADI JUALAN KAMPANYE

May 2, 2018

 

Surabaya, MercuryFM - Bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional, Mantan Menteri Pendidikan Mohammad Nuh menjabarkan persoalan yang sedang dihadapi dunia pendidikan. Usai meresmikan Gedung Baiturrohmah di kampus B Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA), M Nuh mengatakan, kalau pendidikan menjadi salah satu hal yang penting dalam menentukan kwalitas hidup seseorang selain kesehatan.

"Kesehatan dan pendidikan itu seperti hardware dan software, yang semakin tinggi spesifikasinya maka semakin tinggi pula kwalitas perangkat itu" ujarnya.

Mengatasi persoalan pendidikan tidak cukup dilakukan oleh pemerintah di satu periode saja. Melainkan butuh waktu berjenjang dilintas generasi dan lintas pemerintahan. Perlu ada konsensus nasional untuk mengatasi persoalan pendidikan.

"Kalau hanya dijadikan program politik pemerintahan satu periode saja tidak akan selesai persoalan pendidikan. Karena itu perlu konsensus nasional yang dilakukan lintas generasi dan lintas pemerintahan" tegas M Nuh.

M Nuh menambahkan, urusan penting pendidikan itu hanya meliputi dua hal. Yang pertama adalah akses dan kedua kwalitas. akses yang dicapai harus sampai ke ingkat perguruan tinggi. Jangan hanya sebatas pendidikan dasar 9 tahun atau 12 tahun. Setelah semua orang bisa mencapai akses itu, maka harus ada perbaikan kwalitas di setiap jenjang pendidikan tersebut.

M Nuh juga menyinggung soal semangat pendidikan gratis yang sudah lama digaungkan.

"Sekolah gratis wajib belajar 9 tahun dan 12 tahun saiki yok opo critane. Tetap ada pungutan sana sini. Juragan-juragan itu waktu kampaye ya begitu jadi komoditas poltik terus lupa" sindirnya.

Ketua Yayasan Yarsis itu mengajak semua pihak supaya benar-benar seirus memperbaiki sistem pendidikan.

"Kita harus kontrol bersama bagimana sistem pendidikan itu dilaksanakan" pungkasnya.

Sementara itu Gedung Baiturrohmah diresmikan bersama Rektor UNUSA Prof. Dr. Ir. Achmad Jazidie. Gedung berlantai dua yang terletak di sisi sebelah selatan digunakan sebagai Command Center, Laboratorium Gizi, Ruang Pusat Pengembangan Masyarakat dan peradaban Islam (PPMPI), Ruang Unusa Career Center, Ruang Kemahasiswaan, Ruang Penerimaan Mahasiswa Baru dan Mushola.

"Baiturrohmah adalah salah satu komponen penting untuk melayani mahasiswa supaya pelayanan cepat, terintegrasi dan mudah diakses" ujar Achmad Jazidie.(Alam)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags