• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

REMAJA BISA SALING BERTANYA Di PUSAT INFORMASI Dan KONSELING KESEHATAN REPRODUKSI (DP5A)

May 2, 2018

Sby, MercuryFM - Indonesia akan menghadapi bonus demografi selama rentang waktu 2020- 2035, yang mencapai puncaknya pada 2030. Pada saat itu jumlah kelompok usia produktif (umur 15-64 tahun) jauh melebihi kelompok usia tidak produktif (anak-anak usia 14 tahun ke bawah dan orang tua berusia 65 ke atas). Sudahkah ada kesiapan oleh remaja kita di bonus  demografi itu?.

Seiridah Nur & Djoenjanto dari Dinas Pengendalian Penduduk, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP5A) dalam talkshow bersama Radio Mercury Surabaya, Rabu (02/5) menjelaskan, dalam bonus demografi itu ada usia remaja yang perlu diberikan edukasi menghadapi tantangan global. Menurut WHO usia 10-24 disebut usia remaja.

Djoenjanto menjelaskan, hal yang perlu diwaspadai dalam figur remaja bagaimana remaja agar jauh dari kehidupan sex bebas, narkoba maupun bahaya HIV AIDS.
"Bagaimana remaja jauh dari kegiatan seksual bebas, narkoba yang juga dekat dengan miras" jelasnya. Djoenjanto mengatakan DP5A punya program yang akan memberikan konseling ataupun edukasi bagi remaja tersebut.

Seorang anak saat memasuki usia baligh memiliki rasa ingin tahu yang besar, kemudian juga mempunyai pertanyaan tentang perubahan pada dirinya. Disinilah sebenarnya peran orang tua cukup besar, tapi karena dirasa tabu atau kurangnya pengetahuan dari si orang tua, menyebabkan pertanyaan seputar kesehatan reproduksi tidak bisa terjawab. "Anak kemudian akan bertanya pada temannya yang kemungkinan juga tidak tahu tentang perubahan pada reproduksi mereka," jelas Seiridah.

Berkaitan dengan itu, melaui Pusat Informasi dan Konseling Kesehatan Reproduksi Remaja diharapkan remaja bisa saling memberikan pemahaman pada sesama temannya. "Pusat Informasi dan Konseling Kesehatan Reproduksi Remaja adalah suatu wadah kegiatan program generasi berencana, dalam rangka menyiapkan kehidupan berkeluarga  bagi remaja yang dikelola dari oleh dan untuk remaja," jelas Seiridah. (nt)
 


 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us