JELANG MEMASUKI BULAN RAMADHAN BEBERAPA KOMODITAS ALAMI KENAIKAN

May 8, 2018

Sby, MercuryFM - Sepekan menjelang puasa, beberapa komoditas bahan pokok di Pasar Wonokromo, Surabaya, terpantau mengalami kenaikan. Beberapa komoditas itu ialah telur dan daging ayam potong.

 

 

Harga telur sebelumnya dibanderol Rp 20 ribu-22 ribu per kilo, kini menjadi Rp 25 ribu per kilonya. Sementara, harga daging ayam potong sebelumnya Rp 31 ribu-32 ribu, kini menjadi Rp 35 ribu per kilo.

 

Kasinem, satu di antara penjual telur di Pasar Wonokromo, mengungkapkan harga telur naik sudah berjalan sekitar dua mingguan. Menurutnya, biasanya batas harga jual tertinggi telur di pasaran ialah seharga Rp 24 ribu per kilo. Sementara, harga kulak di kisaran Rp 23.400-23.900.

 

 

"Kemarin sempat turun terus naik dikit. Terus tambah naik sampai Rp 25 ribu per kilo. Mungkin ini banyak yang mau bikin kue buat puasa dan Lebaran. Makanya harganya naik," kata Kasinem, Selasa (8/5/208).

 

 

 

Sementara Subhan, satu di antara pedagang ayam potong mengaku, biasanya menjual ayam seharga Rp 30 ribu per kilo, menjadi Rp 35 ribu per kilo. "Yang menaikkan harganya bukan kami (pedagang). Melainkan dari pabriknya langsung. Ukuran ayamnya juga kecil hanya 1,5 kilo per ekor. Biasanya bisa sampai 2,2 kilo. Ini namanya ayam darurat," ungkapnya.

 

 

Senada dengan Erni, pedagang ayam potong lainnya di Pasar Wonokromo mengatakan sudah dua kali ini harga daging ayam potong mengalami kenaikan, yakni jelang tahun baru dan puasa.

"Kenaikan harga biasanya baru terjadi ketika menjelang Lebaran. Tetapi, malah sebelum puasa ini sudah naik harganya," ujarnya.

 

Ia melanjutkan, jumlah pasokan ayam potong dari pabrik yang diberikan ke pedagang juga dibatasi. Makanya, terkadang barang yang diberikan sedikit terlambat.

"Biasanya 150 ekor, sekarang jadi 100 ekor. Biasanya 1 ton sekarang jadi 500 kilo. Ayamnya yang dikirim juga agak terlambat," pungkasnya.(Dani)

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group