CEGAH PENIMBUNAN, PEMKOT SURABAYA DAN SATGAS PANGAN AWASI GUDANG DISTRIBUTOR

May 11, 2018

 

SbyMercuryFM - Menjelang bulan ramadhan ketersediaan pangan selalu menjadi prioritas perhatian dari pemerintah, termasuk Pemkot Surabaya. Kepala Dinas Perdagangan Kota Surabaya Wiwik Widayati mengatakan Disperindag Kota Surabaya sudah melakukan pengkondisian untuk kecukupan ketersediaan pangan sejak Januari lalu. "Sejak Januari kita sudah melakukan operasi pasar, nantinya kita lakukan stressing di bulan mei dan juni untuk menjamin ketersediaan pangan saat Ramadhan" ujarnya.

Selain melakukan operasi pasar, Depperindag bersama Satgas Pangan akan mengawasi gudang-gudang milik distributor untuk mencegah penimbunan. "Kita ingin mengetahui bagaimana distributor tetap berkomitmen menyediakan kebutuhan pokok masyarakat. Kita akan melakukan  sidak ke gudang distributor untuk memaksimalkan fungsi mata rantai itu" tegasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Kota Surabaya Sudarmaji menambahkan, kalau pemkot Surabaya sudah melakukan rapat koordinasi dengan Polwiltabes Surabaya sekaligus Satgas Pangan Kota Surabaya yang dipimpin Kasat Reskrim Polwiltabes Surabaya AKBP Sudamiran.
"Kita sudah saling share informasi terkait dengan keberadaan gudang-gudang distributor pangan" ujarnya. Lebih lanjut Sudarmaji mengatakan,  kalau ketersediaan pangan di Surabaya jelang Ramadhan sampai Hari Raya Idul Fitri cukup. "Stok beras kita 37 ribu ton, sedangkan kebutuhan 17 ribu ton." Stok beras juga akan dibantu oleh Bulog tanpa batasan.

Sementara itu terkait mulai naiknya sejumlah bahan makanan  sesuai data dari BPS Jatim, Sudarmaji mengatakan mengalami kenaikkan harga sementara ini hanya di komoditas daging senilai Rp 2000. "Sudah tugas dari pemerintah untuk melakukan stabilisasi harga, yang penting kenaikkan harga masih bisa terjangkau dan kebutuhan cukup" ujarnya. Komoditas pangan yang patut diwaspadai mengalami kenaikkan harga adalah daging dan minyak goreng. Stok komoditas ini dicover oleh Bulog untuk mencukupi kebutuhan masyarakat.  (Alam)

 

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive